Andre Manika Meninggal Dunia, Ini Kenangan Indah Katon Bagaskara dengan Sang Kakak

Anto Karibo30 Jul 2021, 14:04 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 14:12 WIB
Andre Manika

Fimela.com, Jakarta Duka mendalam dirasakan oleh Katon Bagaskara atas meninggalnya sang kakak, Andre Manika. Andre yang juga merupakan kakak penyanyi Nugie ini adalah seorang musisi sekaligus pencipta lagu. Ia mengembuskan napas terakhir pada Rabu 28 Juli 2021 pukul 19.00 WIB.

"Sugeng Tindak ke Rumah Bapa Kangmas ku mas Andre Manika (selamat jalan ke Rumah Bapa, kakakku). Banyak inspirasi dan kebaikan darimu jadi panduan kami adik-adikmu. Kami semua bangga dan sayang padamu Mas," tulis Nugie di akun miliknya, @nugietrilogy, baru-baru ini.

Menurut pihak keluarga, Andre meninggal dunia dalam keadaan tertidur di rumah kerabatnya di Sukorejo, Jawa Tengah. Jenazah Andre Manika rencana akan dimakamkan di Giriloyo, Magelang, Jawa Tengah.

Menginspirasi

[Fimela] Nugie Prescon Film Tersanjung The Movie
Nugie Prescon Film Tersanjung The Movie. (Adrian Putra/Fimela.com)

Katon Bagaskara menyaksikan bagaimana seorang Andre Manika yang memiliki bakat dalam dunia musik. Sekadar catatan, ia merupakan penulis lagu Negeri Di Awan yang dinyanyikan oleh Katon dan populer di industri musik Indonesia.

Katon sejak kecil mengerti akan kemampuan Andre. Dan tanpa disadari, ternyata sang kakak menjadi orang yang menginspirasinya dalam bermusik. Katon mengaku melalui Andre dirinya mengenal musik.

"Dari aku kelas 6 SD, aku sudah lihat Mas Andre bikin lagu, main gitar, bikin puisi pakai tulisan tangan. Jadi lewat dia jugalah sebetulnya aku mengenal musik," ujar Katon Bagaskara mengenang sang kakak, seperti dikutip dari Okezone.

Banyak Kenangan

Katon Bagaskara. (Foto: Instagram @katonbagaskara)
Katon Bagaskara. (Foto: Instagram @katonbagaskara)

Tentang Andre Manika, Katon Bagaskara menyimpan banyak kenangan. Ia merupakan saksi bahwa kakaknya adalah seorang yang memiliki bakat besar di dunia musik. Salah satunya adalah kesuksesan Andre setiap kali dia mengaransemen lagu.

"Berkat yang diberi Tuhan untuk Mas Andre di dunia musik benar-benar luar biasa. Apapun yang dia buat, selalu menang di kompetisi vokal grup Gereja tingkat nasional. Saya jadi saksi hidup keberhasilan beliau," kata Katon.

Katon menambahkan jika ayahnya yang seorang tentara tak menyukai minat Andre di bidang musik. "Pernah Mas Andre dipindahkan sekolahnya ke Jawa Tengah. Tapi, karena bakatnya ada di sana, meski dipindahkan, Mas Andre bikin grup vokal juga di sana dan kembali sukses," imbuhnya.

Beda Aliran

Katon Bagaskara. (Foto: Instagram @katonbagaskara)
Katon Bagaskara. (Foto: Instagram @katonbagaskara)

Namun, meski secara global dirinya terinspirasi dari Andre Manika, Katon Bagaskara menyadari bahwa arah musiknya berbeda dengan sang kakak. Ia pun kemudian memilih jalur musik pop, sementara Andre tetap di musik rohani.

"Kita punya jalan yang berbeda memang, tapi akar musik saya banyak bersumber dari apa yang saya lihat dan pelajari lewat Mas Andre. Kita sama-sama suka musik, tapi beda panggilannya," kata Katon.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela