Sukses

Entertainment

8 Perilaku Aneh Aliando Syarief saat Idap OCD Ekstrem, Salah Satunya Hitung Rambut kala Mandi

Fimela.com, Jakarta Lama tak ada kabarya, Aliando Syarief ternyata menderita sebuah penyakit gangguan mental bernama OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Gangguan ini telah diidapnya selama 2 tahun belakangan ini. Hal inilah yang membuat Alando harus berjuang untuk sembuh.

Dalam siaran langsungnya melalui akun Instagramnya, Aliando Syarief mengatakan bahwa betapa terganggunya dirinya karena OCD tersebut. Menurutnya, OCDpada dirinya lebih hebat dari penderita biasa alias lebih extrem.

Banyak efek yang harus dirasakan oleh Aliando Syarief kala menderita OCD. Salah satu yang dirasakannya adalah hilangnya nafsu makan karena dirinya terlalu stres menjalani penyakit tersebut. Alhasil badannya pun semakin kurus.

"Efek OCD jadi bikin kurus? Iya," tegas Aliando. "Nafsu makan nggak ada, terlalu stres, frustrasi, depresi dengan hal tersebut. Pikiran negatifnya masuk ke situ semua. OCD ekstrem, ini mau mandi aja ribet kadang. Mau makan tuh susah," sambungnya.

Berikut adalah hal-hal aneh yang dialami dan dilakukan oleh Aliando Syarief selama menderita OCD Ekstrem. Apa saja?

Banyak Imajinasi

Gangguan mental ini membuat Aliando Syarief harus merasakan adanya imajinasi dan ilusi aneh saat melakukan seuatu.

"Bisa punya imajinasi dan ilusi aneh-aneh. Kadang ya gitu," tutur Aliando.

Overthinking

Aliando juga menyatakan bahwa dirinya sudah sangat ekstrem terkait OCD yang dideritanya. Ia mengatakan terkadang ada kekhawatiran yang kelewat batas sampai overthinking ke arah negatif. Karena kondisinya ini, Aliando memilih untuk banyak berada di rumah.

"OCD ada anxiety, bipolar juga, bisa jadi overthinking, critical thinking. OCD gue ini menarik gue ke hal-hal negatif," ujarnya.

Saat Buang Sampah

Aliando bercerita, bahwa drinya pernah akan buang sampah. Namun, ketika orang normal hanya langusng membuangnya ke tempat sampah, ALiando tidak demikian. Ia justru menata rapi sampah tersebut.

"Harus berantakan, tapi tertata," ujar Aliando.

Menata Kulit Kuaci

Saat kuaci sudah dimakan, tentu saja kulitnya harus dibuang. Namun, Aliando justru merapikannya. "Tertata rapi, nggak boleh satu sama lain bersentuhan," ujar aktor 25 tahun tersebut.

Mengulang Lagu

Kala memainkan lagu, Aliando Syarief tiba-tiba mendapatkan bisikan dalam pikirannya. "Lagi main tiba-tiba disuruh ngulang sama pikiran gue. Kalau nggak, akan ada yang celaka," kata bintang film Warkop DKI Reborn.

Gerakkan Kepala

OCD juga pernah menyerang Aliando Syarief kala dirinya tengah terlibat dalam sinetron Keajaiban Cinta (2021). Saat tengah syuting, ia terserang OCD sehingga membuat Aliando menggerakkan kepalanya dua kali.

Kepalkan Tangan

Perilaku lain yang dilakukan Aliando Syarief ketika OCD menyrang adalah mengepalkan tangannya. Ia mengatakan bahwa mengepalkan tangan adalah caranya untuk melawan pikirannya.

"Gue harus melawan pikiran gue. Kalau sudah bisa, baru gue nurunin tangan," imbuh Aliando.

Hitung Rambut

Menurut Aliando, OCD yang dideritanya selama dua tahun ini lebih dari penderita biasa. Satu hal yang pernah membuatnya sangat terganggu adalah menghitung rambut saat mandi.

"Kalau OCD itu mereka kalau melihat buku nggak rapi, nggak enak ditutup lagi. Tapi ini lebih, masa mandi aja harus gue hitung rambut. Kan, kacau gitu," papar Aliando.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading