Sukses

Entertainment

Aktris Senior Rima Melati Meninggal Dunia, Ingat Lagi Perjalanan Karier dan Kisah di Balik Nama Panggungnya

Fimela.com, Jakarta Aktris senior Rima Melati meninggal dunia hari ini (23/6/2022) saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Kepergian sang aktris menghadap Tuhan YME pun telah dikonfimasi oleh menantunya, Marisa Tumbuan.

Terkait penyebab kematiannya, pihak keluarga masih belum memberikan keterangan, namun sahabatnya, aktris Widyawati sempat menyebut jika Rima Melati sempat mendapat perawatan akibat dekubitus yang semakin parah.

Bicara tentang sosok Rima Melati, aktris yang memiliki nama lahir Marjolein Tambayong itu menggeluti karier di dunia hiburan tanah air sejak tahun 1950-an, di mana ia bergabung dalam grup The Baby Dolls.

The Baby Dolls

Sebelum menggeluti karier sebagai aktris, Rima Melati lebih dulu menggeluti karier sebagai penyanyi dan tergabung dalam grup The Baby Dolls. Dalam grup tersebut Rima bergabung bersama Indriati Iskak, Gaby Mambo, dan Baby Huwae.

Grup tersebut pun begitu populer di tahun 1960-an. Menariknya, Presiden Soekarno adalah salah satu penggemar setia The Baby Dolls. Seiring dengan ketertarikannya pada grup tersebut, Presiden Soekarno pun mengubah nama The Baby Dolls menjadi Boneka Dara untuk memberkan kesan Indonesia.

Karier Akting

Di tahun 1958 Rima Melati membuat debut akting lewat peran kecil di film Djuara Sepatu Roda, yang juga dibintangi rekan sagrupnya, Indriati Iskak.

Setelah itu Rima juga membintangi film Kasih Tak Sampai yang dririlis tahun 1961. Judul film populer lainnya yang pernah ia bintangi adalah Djantung Hati, Violetta, Kartika Aju, dan Kunanti Jawabmu sebelum akhirnya mengambil jeda untuk fokus pada pernikahannya.

Dari karier aktingnya, pada tahun 1973 Rima Melati mendapat penghargaan Piala Citra untuk Aktris Pemeran Utama Terbaik dari film Berlian Berduri.

Nama Panggung

Soal nama panggungnya, melansir berbagai sumber, nama Rima Melati dipakai olehnya sejak tahun 1960-an. Encyclopedia of Jakarta menuliskan nama tersebut digunakan setelah gugurnya janin seorang anak yang ingin ia beri nama Rima. Nama Rima pun terinspirasi dari tokoh yang diperankan Audrey Hepburn dalam film Green Mansions.

Terkait nama panggungnya, Rima Melati pun sempat berkonsultasi dengan Presiden Soekarno. Presiden Soekarno pun merekomendasikan nama tersebut untuk dipakai karena nama lahir Rima dianggap terlalu kebarat-baratan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading