Widy Vierratale Tumpahkan Tangis Ceritakan Pelecehan Seksual di Podcast Deddy Corbuzier, Cinta Laura Geram

Anto Karibo25 Jun 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 25 Jun 2022, 20:00 WIB
[Fimela] Widy Vierratale B2

Fimela.com, Jakarta Widy Vierratale menjadi bintang tamu dalam podcast Deddy Corbuzier. Ia hadir didampingi oleh Cinta Laura. Dalam kesempatan tersebut, Widy berkisah tentang peristiwa pelecehan seksual yang pernah dialaminya beberapa tahun silam.

Mengingat apa yang pernah terjadi dengannya, Widy Vierratale tak bisa menahan tangisnya. Padahal dakui olehnya, semenjak peristiwa tersebut terjad, ia tak pernah menitikkan air mata. Ia hanya memendamnya dan berusaha melewatinya.

Melihat tangisan Widy, Cinta pun langsung memberikan bahunya sebagai tempat bersandar. Ia pun meminta kepada Widy agar bisa menguasai situasi dan tak memaksakan diri untuk menceritakan kisah kelamnya.

"You wanna stop? Jangan dipaksa, it's okay take your time, take your time, we can stop," ujar Cinta Laura di podcast Deddy Corbuzier, baru-baru ini.

Cinta Laura pun meminta Deddy Corbuzier untuk menghentikan podcast tersebut sekadar 5 menit supaya Widy dapat kembali pada keadaan semula. Setelah 5 menit berselang, Widy pun menguatkan diri untuk bicara mengenai kasus pelecehan seksual yang menimpanya.

Sangat Tegas

Cinta Laura dan Widy Vierratale (YouTube/Deddy Corbuzier)
Cinta Laura dan Widy Vierratale (YouTube/Deddy Corbuzier)

Cinta Laura sendiri tampak sangat mendampingi Widy sebagai korban pelecehan seksual. Meski kejadian itu sudah berlalu sekian lama, namun ternyata bekasnya masih sangat dalam pada diri vokalis Vierratale itu. Ia tegas mengatakan bahwa Widy punya hak untuk menolak menjawab.

"Nggak usah dijawab kalau nggak mau. Kita nggak boleh maksa," tutur Cinta Laura

Deddy pun segera menimpali Cinta. "Yang maksa siapa Cinta, nanya," ujar Deddy.

"Kalau nanya suka bikin orang pressure, enggak semua orang berani untuk ngelawan kamu," tegasnya kepada Deddy. "I'm here," kata Cinta pada Widy, melindungi.

Dalam pernyataannya, Cinta Laura mengatakan bahwa dirinya kadang merasa sangat marah karena korban pelecehan seksual kadang masih dianggap sepele. Mereka yang takut untuk speak up, seharusnya dilindungi.

"Ini yang bikin aku sangat sakit hati dan marah. Di negara kita korban pelecehan saking takutnya untuk speak up, mereka yang minta maaf," ujar Cinta Laura.

Puji Widy

Cinta Laura dan Widy Vierratale (YouTube/Deddy Corbuzier)
Cinta Laura dan Widy Vierratale (YouTube/Deddy Corbuzier)

Kala Widy menangis ketika mengingat peristiwa tersebut, Cinta justru bangga. Terlebih dengan niatan sendiri, tanpa adanya paksaan, Widy memutuskan untuk berbicara mengenai isu pelecehan seksual dan penanganannya di Indonesia.

Widy sendiri mengaku bahwa dirinya tak pernah menangis setelah peristiwa tersebut terjadi. Ia hanya berusaha melupakan dan mencari pelarian dengan aktivitas yang lain. Namun menurut Cinta, untuk bisa bangkit dari trauma pahit, penyintas harus merasakan perasaan sakit itu.

"Melihat Widi nangis tadi, aku merasa terharu dan bangga sama Widi. Karena langkah pertama untuk bisa sembuh atau melewati sebuah rintangan dengan merasakan perasaan sakit itu, dan menyadari bahwa itu terjadi," lanjutnya.

"Di situ kita menghadapi pilihan, apa yang kita mau lakukan dengan perasaan sakit itu? Terpuruk atau menggunakannya untuk bersuara?" kata Cinta.

Tak Sendiri

Cinta Laura dan Widy Vierratale (YouTube/Deddy Corbuzier)
Cinta Laura dan Widy Vierratale (YouTube/Deddy Corbuzier)

Salah satu tujuan Widy ketika memilih untuk bersuara adalah harapannya supaya isu pelecehan seksual kepada perempuan ini bisa lebih diperhatikan secara lebih baik, baik oleh masyarakat, aparat penegak hukum, dan juga pemangku kepentingan.

Ia juga berharap dengan adanya korban yang speak up, maka banyak korban di luar sana bisa merasakan bahwa mereka tak sendirian. "That's what you're doing today, that's why you are not weak. Waktu tadi Widi bilang lemah, aku bilang no, you're very strong," ucap Cinta Laura.

"Million of women are watching dan mereka berpikir 'Wow karena Widi aku nggak sendiri'," lanjut Cinta Laura tegas.

Dipuji Netizen

[Bintang] Artis dengan poni tail
Cinta Laura selalu mengubah gaya rambut panjangnya. Tak hanya di-curly, Cinta pun kerap membuat rambutnya bergaya seperti ekor kuda. Tanpa menyisakan poni, rambutnya yang diikat pun diberikan aksen sedikit bergelombang. (Instagram/cintalaurakiehl)

Sikap Cinta yang sangat mendampingi dan melindungi Widy Vierratale ini menuai pujian beragam dari publik. Atas sikapnya tersebut, pujian terhadap Cinta Laura begitu banyak.

"Bisakah kita berbicara tentang bagaimana Cinta Laura menangani itu dengan cara yang tepat seperti dia RATU," tulis akun bernama @aebabysky.

"Cinta Laura definisi perempuan pinter, cara dia bicara, cara dia menenangkan sahabatnya, itu membuatnya begitu menarik dan bikin takjub liatnya," sambung akun @eanhypen.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela