Terang, Pengalaman Pertama Biru Baru Buat Lagu Cinta Minim Metafor

Nizar Zulmi27 Jun 2022, 16:24 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 16:24 WIB
Biru Baru

Fimela.com, Jakarta Unit musik asal Jakarta, Biru Baru kembali menerangi industri musik dengan karya berjudul Terang. Terdiri dari Tata dan Goldan, duo musisi tersebut menyuguhkan eksplorasi baru di komposisi kali ini.

Terang menjadi sebuah tembang cinta tanpa terlalu banyak kiasan yang digunakan. Karena itu keduanya merasa ini jadi pengalaman baru yang menyenangkan, dan berharap bisa dinikmati secara lebih luas.

"Kita nggak pernah bikin lagu cinta yang to the point, biasanya diungkapkan dengan bahasa lain. Makanya kita coba buat lagu Cinta dan lahirlah Terang ini," ujar keduanya dalam temu media di kawasan Jakarta Selatan (24/6/2022).

Eksplorasi ini menghadapkan Biru Baru dengan tantangan dan dilema. Tak dipungkiri Tata dan Goldan sempat mengganti kata 'cinta' dalam lagu karena merasa canggung saat rekaman.

"Fun fact, sebenarnya ada kata cinta di lirik lagu ini. Awalnya ada lirik 'Semuanya tentang cinta, diubah jadi semua tentang rasa'. Karena ada kata-kata yang kalo ditulis dalam bahasa Indonesia agak cringe, jadinya diubah pas rekaman," ujar Tata.

Sebuah Pencarian

Biru Baru
Biru Baru (Dok JUNI Records)

Terang menggambarkan tentang menemukan seseorang yang ideal dan menjadi penerang baginya. Ungkapan cinta disampaikan dengan agak lebih lugas lewat lirik yang dirangkai di dalamnya.

Proses penulisan lirik dan progresi Terang rampung dalam waktu semalam. Clemens Goldan Divembryan (Goldan) (gitar elektrik/synthesizer) dan Talitha Belinda Esmeralda (Tata) (gitar akustik/drum) menggabungkan pengalaman dan referensi film favorit mereka.

"Gue selalu terkesima sehabis nonton film dan lagu Terang ini terinspirasi dari film The Notebook dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Dari euforia menonton film tersebut, gue mengumpulkan ide dan mengambil aransemen modern dan agak menyentil ke ballad classic untuk Terang,” ungkap Tata. 

Visualisasi

Biru Baru
Biru Baru (Dok JUNI Records)

Biru Baru sekaligus memperkenalkan music video untuk memperkuat lagunya dari sisi visual. Mereka bekerja sama dengan Lutfi Pradita, sebagai director music video ini yang menyajikan visual dengan treatment story telling yang menggambarkan kondisi pasangan dengan segala macam situasi dan problematika dalam hubungan namun tetap bisa nyaman bersama. 

CEO JUNI Records, Adryanto Pratono menambahkan “Terang berfokus kepada suara Tata yang terdengar sangat hikmat sekaligus menusuk lewat penulisan kata-katanya. Makin istimewa begitu menonton musik videonya, akting Lutesha dan Roy Sungkono memberikan lagu ini seperti satu soundtrack kehidupan bagi yang mendengarkan,” ungkap Adryanto.

Terang adalah project keempat Biru Baru bersama JUNI Records. Biru Baru sendiri telah merilis Terbenam, Benderang! & Nostalgia, Nostalgia. Terang  sudah bisa didengarkan hari ini di layanan digital streaming platforms seperti Apple Music, Deezer, JOOX, Langitmusik, Resso, Spotify, Tiktok, YouTube Music,dan lain-lain.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela