Cinta Laura Minta Anak Muda Ubah Pandangan Soal Pendidikan, Jangan Terpaku dengan Nilai Akademik

Rivan Yuristiawan01 Jul 2022, 14:24 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 14:24 WIB
Cinta Laura Kiehl.

Fimela.com, Jakarta Aktris Cinta Laura menjadi salah satu selebritas yang peduli terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Menurutnya, ada pola pikir yang harus diubah oleh generasi muda terkait nilai akademik yang didapat dari pendidikan formal.

Meski penting, namun perempuan 28 tahun itu menganggap jika nilai pendidikan secara akademik tak selamanya bisa menjadi patokan akan kesuksesan seseorang. Yang kemudian harus dilakukan ialah mengubah mindset tersebut untuk bisa menjadi sukses sesuai dengan passion masing-masing.

"Kenapa aku selalu menyuarakan hal tentang edukasi atau passion-passion aku yang lain, karena aku rasa walaupun cara berpikir orang-orang di masyarakat kita udah mulai berubah, aku sadar bahwa banyak sekali anak muda tuh masih terpaku oleh nilai yang mereka lihat di sebuah kertas. Jadi misalnya mereka di sekolah atau di kampus mungkin performance-nya bukan di atas 90 atau mungkin nilainya kurang bagus, mereka merasa tidak kompeten. Itu adalah mindset yang harus kita ubah," kata Cinta Laura saat konferensi pers virtual terkait statusnya sebagai campaign ambassador kampanye bertajuk #SerunyaBelajar Ada di TikTok belum lama ini.

Dengan Metode Lain

Cinta Laura
Cinta Laura.

Maka dari itu, perempuan berdarah Indonesia-Jerman itu kemudian mengapresiasi kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok yang memungkinkan masyarakat mendapat berbagai pembelajaran lain di luar pendidikan akademik yang didapat dari lembaga formal. Baginya, konten-konten edukasi yang tersedia di platform distribusi video pendek itu punya banyak manfaat untuk bisa memantik semangat generasi muda untuk belajar hal lain yang sesuai dengan passion masing-masing.

"Kadang-kadang banyak hal yang kita pelajari di sekolah nggak selalu bisa kita aplikasikan di kehidupan nyata,ntapi di TikTok karena orang-orang yang kita lihat adalah orang sehari-hari yang kita bisa gampang relate, mau itu perempuan, laki-laki,bapa pun industri mereka tuh ada. Jadi orang-orang lebih dapat relate karena ini bukan hanya sekedar public figure yang menyuarakan atau mengajarkan, tapi orang-orang sehari-hari pun sangat kreatif dan sangat-sangat terlihat bahwa apa yang mereka ajarkan itu bisa diaplikasikan kepada kehidupan nyata," paparnya.

Tentang Kampanyenya

Cinta Laura.
Cinta Laura.

Sebagai informasi, konten edukasi di TikTok belakangan berkembang pesat sebagai lima kategori teratas di Indonesia, termasuk konten seputar life-hacks, tips karier, belajar hingga bisnis. Dari beberapa data yang ada termasuk kampanye edukasi #SamaSamaBelajar yang sebelumnya diluncurkan, TikTok berhasil mendapatkan lebih dari 95 miliar views.

Kampanye edukasi terbaru dari TikTok sendiri fokus mengajak pengguna untuk sama-sama menikmati dan berbagi semangat belajar dengan cara seru. Kampanye '#SerunyaBelajar Ada di TikTok' akan berlangsung hingga 10 Juli 2022 mendatang dengan berbagai kegiatan yang sudah disiapkan.

Beberapa kegiatan seru dalam kampanye tersebut antara lain kompetisi hashtag challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun, serial TikTok LIVE dengan tema #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni hingga 7 Juli 2022. Di samping itu, ada pula kegiatan di MBloc Space yang diisi dengan Creative Edu Exhibition dan Networking Party yang berlangsung mulai 4 hingga 10 Juli 2022 dan terbuka bagi seluruh masyarakat. 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela