8 Potret Acara Tedak Siten Anak Artis, Usung Adat Juga Digelar Mewah

Anto Karibo02 Okt 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 12:00 WIB
10 Potret Gaya Kompak Aurel Hermansyah dan Ameena Pakai Kebaya Peach saat Tedak Siten

Fimela.com, Jakarta Prosesi adat Jawa Tedak Siten masih dipertahankan oleh sebagian orang. Juga dengan kalangan artis tanah air yang juga menyelenggarakan prosesi tersebut. Biasanya prosesi tersebut dilakukan ketika anak sudah belajar berjalan atau menapak ke tanah.

Dalam prosesi ini, anak akan dihadapkan pada beberapa benda seperti uang, mainan, dan lain sebagainya. Tiap-tiap barang memiliki filosofinya masing-masing yang akan menyiratkan bagaimana sikap anak di masa depan.

Berikut beberapa artis yang menggelar prosesi Tedak Siten untuk anaknya dengan gelaran yang mewah dan dihadiri oleh keluarga besar.

Aurel Hermansyah-Atta Halilintar

10 Potret Gaya Kompak Aurel Hermansyah dan Ameena Pakai Kebaya Peach saat Tedak Siten
Beskap yang juga dari Asky Febrianti tersebut dipadukan kain jarik sebagai bawahan. (Instagram/attahalilintar).

Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar belum lama ini menggelar acara tedak siten untuk anak pertamanya, Ameena Hanna Nur Atta. Dalam prosesi itu, Ameena dengan lucunya memilih kamera lalu make up dan yang terakhir memilih uang.

Tata Janeeta

Kental Adat Jawa, Ini 7 Momen Tedak Sinten Anak Tata Jeneeta dan Brotoseno
Acara tedak sinten anak Tata Janeeta (Sumber: Instagram/tatajaneetaofficial)

Pasangan Tata Janeeta dan Brotoseno juga melakukan tradisi tedak siten untuk anaknya, R Erlangga Danendra Brotoseno. Acara ini tampak sakral karena keluarga sampai Baby Erlangga memakai pakaian adat Jawa.

Titi Radjo Bintang

Titi Radjo Bintang gelar tedak siten untuk anaknya (Instagram/titiradjopadmaja)
Titi Radjo Bintang gelar tedak siten untuk anaknya (Instagram/titiradjopadmaja)

Acara tedak siten juga dilakukan kepada anak Titi Radjo Bintang, Bhaskara Deva Purnomo Djokosoetono. Diharapkan anak menjadi pribadi yang baik, membumi, kuat dan bijaksana.

Ardina Rasti

[Fimela] Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika Gelar Tedak Siten
Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika Gelar Tedak Siten

Merupakan keluarga Keraton Solo, Ardina Rasti juga menggelar acara tedak siten untuk anaknya, Anara Langit Adria Respati. Tedak siten dilakukan pada 2019 lalu. Tampak keluarga mengenakan kabaya serba biru, bahkan dekorasi yang digunakan juga berwarna biru.

Raffi Ahmad-Nagita Slavina

[Bintang] Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Keceriaan terpancar dari beberapa foto yang diunggah pasangan Raffi Ahamad dan Nagita Slavia dalam acara Tedak Siten tersebut. Dalam acara itu turut hadir neneknya. (Instagram/raffinagita1717)

Acara tedak siten anak pertama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rafathar digelar sangat mewah. Pada saat memilih beberapa benda di dalam kurungan, Rafathar memilih kacamata dokter, tasbih dan pistol.

Ahmad Dhani-Mulan Jameela

[Bintang] Tedak Siten Anak Ahmad Dhani
"Dihadiri juga oleh arwah dari orangtua kita, spirit dari orangtua saya, Eddy Abdul Manaf. Oma, opa saya, Kohler. Hadir sekarang," kata Ahmad Dhani di kawasan Cisarua, Selasa (10/1). (Nurwahyunan/Bintang.com)

Acara tedhak siten (turun tanah) juga dilakukan untuk putra bungsu Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, Ahmad Syailendra Airlangga pada 2017 silam. Pada saat itu, anak Ahmad Dhani tersebut memilih uang di antara pilihan lainnya.

Anang Hermansyah-Ashanty

Anang dan Ashanty lakukan acara tedak siten untuk anaknya (Instagram/genk_ijo)
Anang dan Ashanty lakukan acara tedak siten untuk anaknya (Instagram/genk_ijo)

Ashanty dan Anang Hermansyah juga melakukan acara tedak siten untuk anaknya, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah. Acara ini dilakukan sebagai bentuk melestarikan tradisi Jawa juga sebagai bentuk doa terbaik bagi Arsy di masa depan.

Yasmin Wildblood

Yasmin Wildblood menggelar tedak siten untuk anaknya (Instagram/tedaksiten)
Yasmin Wildblood menggelar tedak siten untuk anaknya (Instagram/tedaksiten)

Yasmin Wildblood mengenakan baju adat Jawa warna kuning sebagai kostum saat menggelar tidek siten putrinya, Seraphina Rose. Sebagaimana pada umumnya, baby Sera pun harus melakukan beberapa prosesi, di antaranya membasuh kaki, menginjak jenang dan masuk ke dalam kurungan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela