Sukses

Entertainment

Fimela Awards Influential Woman in Local Government of The Year: Atalia Praratya, Perempuan Hebat di Balik Gubernur Jawa Barat

Fimela.com, Jakarta Atalia Praratya merupakan istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Perempuan kelahiran Bandung, 20 November 1973 ini menikah dengan Ridwan Kamil pada 7 Desember 1996. Sebagai istri Gubernur Jawa Barat, Atalia kerap tampil bersama Ridwan Kamil dalam rangka menemani tugas suaminya.

Baik ketika ada acara di dalam negeri maupun acara kunjungan luar negeri, Atalia Praratya setia mendampingi suami tercinta. Banyaknya aktivitas bersama suami juga kala mengemban tugasnya sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia banyak terjun langsung menemui masyarakat.

Tak heran ketika ia sering disebut sebagai Ibu Tercinta di Jawa Barat atau Ibu Cinta. Sementara di akun media sosial miliknya, Atalia sering menyebut dirinya sebagai Mamah Jabar.

Terkait aktivitasnya sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat dan juga Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat, sudah banyak kegiatan maupun program sosial kemasyarakatan yang dilakukannya. Di antaranya terkait pendidikan, isu kesetaraan penyandang disabilitas, juga bantuan tanggap bencana.

Ia juga menjadi penggagas Komunitas Jabar Bergerak sebagai organisasi non pemerintah yang menjadi wadah yang terbuka bagi insan-insan yang mencintai Jawa Barat-Indonesia. Komunitas ini sudah banyak bergerak dalam program-program positif.

Atalia juga diketahui getol menyuarakan isu kekerasan terhadap anak-anak dan perempuan, baik di lingkungan keluarga atau di luar rumah. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak tinggal diam ketika terjadi kekerasan, karena semua berhak untuk bahagia dan sehat secara fisik dan mental.

Pendidikan Tinggi

Baru saja Atalia Praratya menyandang gelar Doktor Ilmu komunikasi dengan yudisium Cumlaude. Ia diketahui telah menyelesaikan studi S3 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad). Ini menjadi sebuah bukti bahwa Atalia merupakan sosok perempuan yang peduli dengan pendidikan.

Sekadar informasi, Atalia Praratya mengawali pendidikan sekolah dasar dan menengah di Bandung. Ia merupakan alumni SMA 5 Bandung. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (Unpad).

Atalia Praratya juga menjadi mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Parahyangan. Usai menyelesaikan jenjang S1, Atalia melanjutkan jenjang pendidikan S2-nya pada program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan. Kala itu ia lulus sebagai mahasiswa terbaik dengan IPK 3,67.

Sosok yang Kuat

Sebuah kisah tentang keluarga ini telah tercatat dan diketahui luas oleh masyarakat tanah air. Adalah sebuah kisah cinta, keikhlasan dan juga kekuatan. Sebagaimana diketahui, dari pernikahan Atalia Praratya dan Ridwan Kamil, mereka dikaruniai dua anak, yaitu mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dan Camillia Laetitia Azzahra.

Namun, di tengah limpahan cinta kasih Atalia kepada anak-anaknya, ia harus kehilangan si sulung untuk selamanya. Kisahnya sudah diketahui publik, dan kala itu masyarakat pun mencatat sosok Atalia merupakan seorang ibu sekaligus istri yang sangat kuat menghadapi ujian dalam hidupnya. Perih tentu saja, namun tak ada ratapan atau tangisan histeris yang dilakukannya, sampai ia mengantarkan si sulung ke tempat peristirahatan terakhir.

Saat itu, Atalia telah menjelma menjadi seorang pendamping, penguat dan juga pendukung bagi suaminya. Bahkan ketika namanya pernah digadang memiliki kans di kancah politik, ia bergeming untuk terus mengabdi kepada suaminya.

Atalia Praratya pada tahun 2018 sempat masuk dalam bursa calon Wakil Walikota Bandung. Namun dirinya enggan untuk mendaftarkan diri pada kontestasi politik tersebut. Atalia Praratya lebih memilih fokus dalam tugasnya sebagai istri Gubernur Jawa Barat.

Selain kesibukannya yang sangat padat, Atalia Praratya juga menjadi penanggungjawab bagian administrasi dan keuangan di PT Urbane Indonesia (Konsultan Arsitektur Ridwan Kamil). Di sela itu, Atalia juga menulis buku.

Dua diantara buku yang ditulis oleh Atalia Praratya adalah '89 Cara Bahagia ala Atalia' dan 'Laki-laki ke 42'. Ia juga menjadi ibu dari si kecil Arkana Aidan Misbach, anak yang diadopsinya pada 2020 silam.

Atalia Praratya menjadi nominee di kategori Influential Woman in Local Government of The Year versi Fimela Awards 2022. Berikan dukunganmu dengan memberi vote untuk Atalia Praratya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading