Sukses

Entertainment

Fakta Silsilah Ahmad Dhani Jarang Diketahui, Kakek Buyutnya Orang Jerman yang Hidup di Zaman Hindia Belanda

Fimela.com, Jakarta Ahmad Dhani merupakan nama musisi yang oleh banyak orang sudah disebut legendaris. Ia dianggap musisi jenius yang sudah banyak menelurkan karya-karya lagu yang menjadi hits bersama band Dewa 19 sejak era 90-an. Lagu-lagu tersebut bahkan masih tetap didengarkan sampai sekarang.

Selain memiliki otak yang sangat cemerlang di bidang musik, anak-anak keturunan Dhani juga berparas rupawan. Siapa yang menyangkal ketampanan Al Ghazali, El Rumi, Dul Jaelani, Muhammad Ali, dan kecantikan Safeea Ahmad?

Akhirnya, banyak orang yang penasaran dengan sosok Ahmad Dhani, tak hanya Baladewa (sebutan bagi penggemar Dewa 19), namun juga para penggemar anak-anak pria berkepala plontos itu. Berikut adalah beberapa fakta silsilah Ahmad Dhani, diambil dari berbagai sumber.

Nama Lahir

Ahmad Dhani lahir di Surabaya pada 26 Mei 1972. Ia lahir dengan nama Dhani Ahmad Prasetyo. Namun pada Juli 2018 lalu, musisi 50 tahun itu mengubah nama lahirnya menjadi Ahmad Dhani Prasetyo. Ia berdalih bahwa pengubahan nama itu merupakan niatnya sejak lama.

"Ayah saya memberi nama Dhani Ahmad Prasetyo, tapi menurut saya pribadi adabnya tuh nama Ahmad (Nabi Muhammad) di depan. Sehingga saya ubah menjadi Ahmad Dhani, bukan Dhani Ahmad,” kata Ahmad Dhani.

Anak Pertama

Ahmad Dhani adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pernikahan Eddy Abdul Manaf bin Rusta Sastra Atmadja dengan Joyce Theresia Pamela Kohler. Salah satu adiknya, Dian Rahmaniar merupakan manajer di Republik Cinta Management.

Berdarah Sunda tapi Mahir Berbahasa Jawa

Sebenarnya, Ahmad Dhani memiliki darah Sunda pada dirinya secara langsung. Sang ayah, Eddy Abdul Manaf bin Rusta Sastra Atmadja merupakan seorang diplomat berdarah Sunda, asal Garut, Jawa Barat. Eddy juga seorang politikus yang pernah menduduki kursi DPR di tahun 1966.

Ahmad Dhani mahir berbahasa Jawa dengan dialek Jawa Timur karena dirinya lahir dan besar di Surabaya.

Keturunan Jerman

Sementara itu, darah Jerman mengalir pada diri Ahmad Dhani dari ibunya, Joyce Theresia Pamela Kohler yang merupakan keturunan Jerman yang lahir di Indonesia.

Kakek Buyut Yahudi-Persia

Ahmad Dhani memiliki kakek buyut bernama Jan Pieter Friederich Kohler. Ia adalah keturunan Jerman yang lahir di Hindia Belanda pada tahun 1883. Menurut berbagai sumber, Kohler sendiri adalah keturunan dari Yahudi Ashkenazi. Selanjutnya ada nenek buyutnya yang bernama Elvira Georgia Constantine adalah seorang wanita keturunan Persia.

Kakak Tiri Musisi

Ahmad Dhani memiliki kakak tiri yang merupakan seorang musisi dan komponis yang sangat dikenal di era 80-an bernama Dadang S. Manaf. Sang kakak pun diakui Dhani merupakan salah satu orang yang memiliki pengaruh besar pada minat musik Dhani sejak masa kecil.

Ada Hubungan dengan Clubeighties

Ternyata Ahmad Dhani juga memiliki hubungan dengan salah satu personil CLubeighties, Sukma Perdana Manaf. Sukma yang akrab disapa Ytonk merupakan kibordis dan pemain synthesizer di band yang juga digawangi Desta dan Vincent. Ytong diketahui merupakan anak sulung dari kakak tiri Ahmad Dhani, Dadang S. Manaf.

Menikah dengan Maia Estianty

Ahmad Dhani menikah dengan Maia Estianty pada 1996 dan kemudian dikaruniai tiga orang anak yaitu, Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jalaluddin Rumi,dan Abdul Qodir Jaelani. Namun, pernikahan ini tak bisa bertahan dan akhirnya Dhani dan Maia bercerai pada 2008.

Menikah Kedua Kali dengan Mulan Jameela

Ahmad Dhani menikah untuk kedua kali dengan Mulan Jameela pada 2009. Sempat disembunyikan, sampai akhirnya Dhani mengakui bahwa dirinya sudah memiliki anak dari Mulan bernama Safeea Ahmad. Musisi ini juga dikaruniai anak laki-laki dari pernikahannya ini bernama Muhammad Ali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading