Kulit Wajah Kamu Berbeda Kala Puasa, Begini Cara Tepat Merawatnya

Fimela14 Jun 2017, 11:51 WIB
Ilustrasi membersihkan wajah.

Puasa di bulan Ramadhan artinya menahan lapar dan haus selama sehari penuh. Artinya tak ada asupan air putih yang bisa mengasup vitamin dan kelembapan pada kulit.

Wajar jika kemudian kulit kamu terasa lebih kering dan busik (burik-burik pada kaki atau tangan yang disebabkan kulit pecah-pecah akibat panas matahari dan sebagainya). Jika sudah demikian terjadi maka kamu harus mencari asupan pengganti air ke kulit dalam bentuk pelembap. Namun ini artinya kamu juga harus membersihkan kulit secara lebih ekstra karena akan ada kotoran dalam bentuk lemak dan minyak yang bakal tersisa, terutama di area wajah.

Selain itu tubuh kamu juga akan menerima asupan gula sedikit lebih banyak dibanding hari biasa. Itu karena konsep perubahan pola makan di mana jadwal makan yang berubah secara ekstrem sehingga tubuh harus menyesuaikan diri dengan gaya hidup baru.

"Perubahan jadwal makan dan jenis asupan akan mempengaruhi kondisi kulit seperti kulit menjadi lebih kering akibat dehidrasi, sehingga menyebabkan sel kulit mati menumpuk dan kulit menjadi kusam," ujar Nuryahatini selaku Product Manager, PT. Natural Nutrindo dalam jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

Nuryahatini selaku Product Manager PT. Natural Nutrindo dalam demo membersihkan wajah

Kunci agar kulit kamu tetap terlihat segar selama bulan puasa adalah memiliki kulit yang bersih. Kulit inilah yang nantinya menjadi dasar peletakan kosmetik sehingga mengeluarkan pesona terbaiknya. Kulit bersih bisa didapat jika kamu rajin membersihkan wajah, salah satu caranya dengan pembersih dengan teknologi Micellar.

Kamu tentu sudah sering dengar don soal pembersih Micellar? Inilah teknologi yang membuat kulit wajah bersih berdasarkan molekul micelle yang merupakan kombinasi antara tensio-aktif atau surfaktan yang disusun ke dalam bola aktif yang mampu memerangkap kotoran di permukaan epidermis untuk menghapus meka up wajah dan mata dengan sempurna.

Corine de Farme selaku produsen kosmetik memiliki teknologi Micellar dalam berbagai tekstur; Purity Micellar Water, Micellar Gel Refreshing, serta Micellar Cleansing Foam. Kandungannya 90% adalah air dan diekstrak dari 100% bunga peony sehingga tidak menyebabkan iritasi dan cocok untuk kulit sensitif.

Varian Micellar dari Corine de Farme/Dok.Corine de Farme

Adapun tips untuk membersihkan wajah dengan Purity Micellar Water adalah sebagai berikut:

1. Tuang Purity Micellar Water pada kapas. Usapkan lembut pada wajah, bibir, dan leher.

2. Khusus untuk daerah mata, kompres kapas yang sudah basah dengan Purity Micellar Water dan diamkan selama semenit.
"Untuk bagian bawah mata sebaiknya ditepuk-tepuk saja, jika ditekan berlebihan bisa menyebabkan kantung mata," ujar Nuryahatini lagi.

3. Usap lembut mata dari bagia dalam ke luar tanpa digosok.

4. Ulangi pembersihan sampai kapas terlihat bersih. "Jangan berhenti hanya dengan sekali angkat," tuturnya lagi.

Harga Purity Micellar Water sekitar Rp90 ribu untuk ukuran 100 ml. Kamu yang menyukai tekstur berbeda bisa mencoba Micellar Gel Refreshing dan Micellar Cleansing Foam. Khusus untuk foam, dia akan membutuhkan bantuan tambahan air namun kandungan pembersihnya tetaplah sama.

Namun, jika memang kamu mau menggunakan ketiganya, maka itu bukanlah masalah. "Gunakan yang Micellar Gel Refreshing dulu, habis itu pakai penyegarnya yang Purity Micellar Water. Nah yang Micellar Cleansing Foam digunakan setelahnya dan dibersihkan dengan Micellar Water lagi," tutup Nuryahatini.

(vem/zzu)