4 Hal yang Sering Dilupakan Cewek Saat Belanja

Iwan Tantomi19 Mar 2019, 00:01 WIB
4 Hal yang Sering Dilupakan Cewek Saat Belanja

Fimela.com, Jakarta Perempuan mana yang tak suka berbelanja? Baik produk fashion hingga kebutuhan rumah tangga, sekadar meluangkan waktu untuk berburu barang-barang dan melihat produk terbaru sudah jadi hiburan tersendiri di tengah padatnya aktivitas. Bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai hobi hingga bisnis yang menguntungkan, seperti menerima jasa titip barang.

Namun, tidak sedikit yang sering terburu-buru pergi ke luar rumah untuk berbelanja hingga lupa 4 hal penting ini. Apa saja, sih?

Daftar Belanja

Mungkin akan mudah untuk mengingat setiap item yang dibutuhkan saat menjelajahi toko, tapi suasana yang ramai membuatmu lebih mudah melupakannya. Sebelum meninggalkan rumah, periksa stok barang-barang dan catat semua barang yang perlu dibeli lengkap dengan jumlah yang dibutuhkan. Plus, membuat daftar belanja sebelum pergi ke pusat perbelanjaan memungkinkanmu untuk bergerak lebih efisien tanpa membuang waktu.

Makan Sebelum Berbelanja

Selain sulit untuk berkonsentrasi, lapar saat berbelanja bahan makanan berpotensi meningkatkan pengeluaran. Berbelanja dengan perut yang kosong justru mendorong orang-orang untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau mengisi keranjang dengan makanan ringan yang tidak sehat. Sebaiknya, berbelanja setelah makan atau bawa camilan sehat untuk dinikmati saat berbelanja, seperti buah kering atau granola bar yang cukup mengenyangkan.

Membawa Alat Pembayaran yang Tepat

Kartu debit atau kredit yang tertinggal, saldo dompet digital yang menipis, hingga jumlah uang tunai yang tak mencukupi di dompet membuatmu panik saat berbelanja. Hasilnya, kamu jadi tidak tenang dan terpaksa mengurangi banyak barang yang ada dalam daftar belanjamu. Sebelum memutuskan untuk pergi berbelanja, lihat kembali daftar belanjamu dan perkirakan berapa pengeluaranmu.

Jika ingin membawa uang tunai atau top up dompet digital, tidak ada salahnya mempersiapkan dengan jumlah yang cukup. Hal ini akan menekan nafsu belanja sehingga tidak mengambil barang-barang yang tidak diperlukan. Apabila akan membawa kartu debit atau kredit, pilih salah satu dengan limit yang cukup untuk mengingatkanmu agar tidak berbelanja berlebihan.

Lupa Mengecek Promo

Ini dia yang sering terlupakan saat akan berbelanja dan mendatangkan penyesalan saat menyadarinya. Padahal kebiasaan membandingkan harga dan mencari diskon cukup ampuh dalam menekan pengeluaran. Tidak perlu bingung mencari barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah, #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.

Manfaatkan Maret Mantap Tokopedia untuk mendapatkan cashback menarik dan free ongkir, yang dapat menghemat lebih banyak uang belanja. Dapatkan pengalaman belanja yang seru dan menyenangkan, hanya dengan klik di sini. Jangan lupakan empat poin penting ini agar tak menyesal telah mengeluarkan lebih banyak uang atau pulang dengan membawa banyak barang yang hanya memenuhi ruangan di rumah.