Menyongsong Perubahan Lewat Koleksi Tangan di PLaza Indonesia Fashion Week 2019

Meita Fajriana26 Mar 2019, 11:00 WIB
Tangan di Plaza Indonesia Fashion Week

Fimela.com, Jakarta Tren fashion selalu dinamis, berubah dan bergerak maju menjadi lebih baik. Melalui koleksi terbarunya, brand lokal Tangan mempersiapkan diri untuk menyambut segala macam perubahan yang bergejolak disekitar. Mulai dari pola pikir, pakaian, dan koleksi yang disuguhkan, serta perspektif brand Tangan dalam membangun dan berinovasi guna mewujudkan mimpi dan tujuan kami.

Saat ini Tangan tengah memfokuskan diri dalam mewujudkan ide-ide baru yang akan dikembangkan dalam waktu dekat. Koleksi Spring/Summer 2019 yang bertajuk “Shift” ini merupakan sebuah perpanjangan dari proses bereksplorasi melalui fashion.

Sebagai kata kerja, “shift” berarti pindah atau perpindahan dari sebuah tempat ke tempat lainnya dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Sementara sebagai kata benda “shift” lebih mengacu kepada sedikit perubahan posisi, arah, atau kecenderungan akan suatu hal. Artinya koleksi ini diharapkan dapat membangkitkan semangat pergerakan yang menciptakan sesuatu yang baik sebagai hasilnya.

Melalui koleksi ini, Tangan bertujuan untuk menyoroti isu-isu dan fenomena terkini dalam budaya modern yang memprovokasi atau bahkan mendorong gerakan tersebut untuk menciptakan dampak yang lebih besar. Baik itu dalam politik, percakapan sehari-hari, atau bahkan cara kita menetapkan tujuan kita.

Filosofi perubahan dan perkembangan seringkali berubah secara tidak terduga. Bekerja sama dengan Plaza Indonesia Fashion Week, Tangan akan menyoroti beragam inovasi serta evolusi terkait target pasar untuk mengekspresikan pesan dan visual di dunia yang kerap berubah.

Di berbagai belahan dunia, wanita kini memegang peranan penting dalam semua aspek kehidupan. Beberapa masih belum menyadari seberapa besar dampak tersebut dapat dirasakan. Di seluruh dunia, dan di semua lapisan masyarakat, wanita menciptakan, merancang, dan berinovasi untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi dirinya, keluarga, dan komunitas dimana dia tinggal dan berkembang.

Koleksi ini juga menyoroti evolusi pemikiran para wanita modern yang berkembang dan menuntut keadilan masyarakat dalam membangun dan bekerja dengan cerdas serta berinovasi untuk perubahan. Melalui pola pikir dan ragam cara mengekspresikan diri, Tangan berharap koleksi ini dapat memancarkan energi positif bagi siapapun yang mengenakannya.

Itu sebabnya, kali ini koleksi Tangan memfokuskan diri untuk rancangan pakaian yang mudah dikenakan, feminin namun memiliki karakter yang kuat. Menggunakan bahan-bahan yang terlihat sederhana namun dapat mengaksentuasikan tubuh siapapun yang mengenakannya. 

Koleksi ini juga dilengkapi dengan elemen-elemen ringan seperti tali dan beragam tekstur serta mengeksplorasi nuansa warna baru untuk mencapai serangkaian koleksi fashion yang lengkap. Keseluruhan koleksi mencakup 25 tampilan yang terdiri dari 42 buah pakaian.

 

Tangan di Plaza Indonesia Fashion Week
Tangan di Plaza Indonesia Fashion Week. (Foto: Dok. PIFW)

Tangan x Lianggono Soetanto

Tangan di Plaza Indonesia Fashion Week
Tangan di Plaza Indonesia Fashion Week. (Foto: Dok. PIFW)

Tangan x Lianggono Soetanto

Selain menampilkan koleksi utama, Tangan bekerja sama dengan Lianggono Sutanto, seorang seniman dan art director yang menetap di Jakarta, dalam membuat sebuah instalasi yang dapat dinikmati selama sepekan (21 Maret 2019 – 28 Maret 2019).

Instalasi tersebut adalah interpretasi dari upaya mengingat hal-hal yang biasa dialami sehari-hari dan perspektif yang kerap berubah dalam cara setiap individu berkaca dan merefleksikan diri. Upaya untuk mengekplorasi beragam memori yang berbeda tersebut mencerminkan kecenderungan seseorang dalam mengingat setiap kejadian yang dialaminya.

Lanjutkan Membaca ↓