6 Aturan Fashion Wajib Dipatuhi Kate Middleton dan Meghan Markle

fitriandiani05 Agu 2019, 17:30 WIB
20170617-Kate Middleton di Parade Kerajaan-AFP

Fimela.com, Jakarta Para anggota kerajaan seperti Kate Middleton dan Meghan Markle memang semacam punya unlimitted access untuk fashion. Satu-satunya hal yang membatasi mereka adalah protokol kerajaan.

Di saat semua mata tertuju pada para anggota kerajaan, tentu mereka harus menampilkan yang terbaik, termasuk di penampilannya. Untuk itu mereka punya aturan yang harus dipatuhi seluruh anggota keluarganya saat tampil di depan publik.

Seperti apa peraturannya? Yuk simak di bawah ini!

1. Warna Cerah Hanya untuk Ratu

Ratu Elizabeth II selalu mengenakan baju cerah bukan tanpa alasan. Selai karena Ratu menyukainya, ini dimaksudkan agar sang Ratu mudah dikenali di tengah kerumunan. Jadi, warga yang berada jauh dari ratu pun bisa bilang, "Aku melihat Ratu!" meski hanya mengenali dari warna pakaiannya. Lagipula, warna-warna cerah ini jadi semacam fashion statement Ratu Elizabeth II kan?

 

 

2. Para Perempuan Memegang Clutch atau Tas di Tangan Kiri

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II (AFP)

Perhatikan Meghan Markle, Kate Middleton, bahkan Ratu Elizabeth pasti membawa clutch atau handbag. Kalau diperhatikan lagi, mereka hampir pasti memegangnya di tangan kiri. Tujuannya, agar memudahkan mereka melambaikan tangan ke publik, atau berjabat tangan saat diperlukan.

3. Cat Kuku Warna Netral

Meski melakukan perawatan kuku, namun mereka tak menggunakan cat kuku warna-warni mencolok. Peraturan kerajaan mengharuskan para perempuan menggunakan cat kuku warna netral di event formal. Tapi, Meghan Markle pernah sekali tampil dengan cat kuku warna gelap. Ada yang ingat momen ini?

4. Wajib Pakai Topi

Gaya Kate Middleton dan Meghan Markle Saat Natal
Duchess of Cambridge, Kate Middleton dan Duchess of Sussex, Meghan Markle berbincang saat menghadiri perayaan Natal kerajaan di Gereja St Mary Magdalene di Sandringham, Inggris (25/12). Keduanya tampil cantik mengenakan gaun. (AFP Photo/Paul Ellis)

Topi merupakan bagian dari tradisi kerajaan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Di acara formal, para perempuannya harus menggunakan topi. Ratu Elizabeth II masih ingin tradisi ini dijalankan. Namun semakin ke sini, tradisi tersebut disesuaikan dengan tren. Seperti misal; Kate Middelton kerap memakai headpiece sebagai pengganti topi.

5. Fashion Jadi 'Alat' untuk Menyenangkan Tuan Rumah Saat Kunjungan

Para anggota kerajaan kerap melakukan kunjungan resmi ke negara-negara tertentu. Saat itulah para perempuan seperti Kate Middleton, Meghan Markle, dan lainnya menyematkan simbol tertentu yang bermakna bagi negara tersebut.

6. Dilarang Pakai Wedges di Depan Ratu

Well, sebenarnya pemakaian wedges tidak dilarang secara resmi. Namun kabarnya sang Ratu tidak menyukai wedges hingga anggota keluarganya disarankan untuk tidak memakainya ketika bersama Ratu.

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa peraturan tak tertulis lain mengenai fashion yang wajib dipatuhi para perempuan di kerajaan Inggris. Sahabat Fimela tahu kah apa saja peraturan itu?

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓