Anggun dan Berwibawa,Istri Menteri Sosial Loemongga Haoemasan Dalam Balutan Baju Kurung Karya Desainer Indonesia

Annissa Wulan17 Agu 2019, 19:37 WIB
HUT RI ke 74

Fimela.com, Jakarta Peringatan HUT RI ke 74 selalu berhasil mengumpulkan berbagai kalangan masyarakat dalam satu prosesi upacara yang khusyuk, termasuk para menteri. Salah satu penampilan yang menarik perhatian adalah Loemongga Haoemasan, istri Menteri Sosial yang mengenakan baju kurung ala Minang.

Baju kurung tersebut merupakan rancangan Didiet Maulana, salah satu desainer kenamaan di tanah air. Menurut penuturan Didiet Maulana, rancangan baju kurung untuk Loemongga Haoemasan di HUT RI ke 74 tersebut terinspirasi dari perjalanan risetnya tentang busana nasional di tahun 2011.

Di tahun tersebut, Didiet bertemu dengan seorang seniman dan budayawan bernama Uni Henny Adli dan darinya, Didiet belajar banyak tentang kain tenun dan songket Padang, beserta kelengkapannya. Baju kurung adalah baju dengan bukaan belakang berupa zipper atau kancing dan biasanya digunakan sebagai busana sehari-hari dalam adat Minang.

 

Loemongga Haoemasan mengenakan baju kurung ala Minang rancangan Didiet Maulana

HUT RI ke 74
Loemongga Haoemasan mengenakan baju kurung ala Minang rancangan Didiet Maulana. Sumber foto: Document/Didiet Maulana.

Didiet Maulana memadukan rancangannya dengan songket bernuansa merah muda yang juga dibuat di Padang, kalung antik Minang, dan gelang sebagai aksesorinya. Tidak ketinggalan, tatanan rambut Loemongga Haoemasan juga dibuat seperti perempuan Minang di tahun 60-an.

Bordir dalam rancangan Didiet Maulana kali ini juga sengaja dibuat meriah dan menawan di atas bahan sutra. Semakin menarik, karena Loemongga Haoemasan ternyata memiliki darah Minang.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓