Lelang Jam Tangan Penyelam Jerman di Perang Dunia Kedua dengan Harga Rp 1,7 Milyar

Vinsensia Dianawanti23 Agu 2019, 10:00 WIB
Jam Tangan Penyelam Jerman di Perang Dunia Kedua Dilelang dengan Harga Rp 1,7 Milyar

ringkasan

  • Jam tangan penyelam dari Perang Dunia Kedua berhasil dilelang dengan harga Rp1,7 Milyar
  • Jam tangan ini berasal dari tahun 1940-an yang menemani perjalanan seorang penyelam asal Jerman ketika bertugas di Perang Dunia Kedua
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bukan sekadar aksesori, jam tangan bisa menjadi penanda identitas sekaligus benda yang mengenang masa lalu. Terutama di masa perang tentu banyak benda bersejarah yang memiliki filosofi tersendiri karena membawa memori sekaligus menjadikannya benda langka.

Adalah jam tangan Radiomir berasal dari 1940-an yang dilelang sebuah rumah lelang Prancis, Artcurial di Monako. Jam tangan bersejarah ini menjadi potongan kenangan dari sejarah masa lampau.

Radiomir masuk ke dalam jajaran jam kuno berkualitas tinggi yang dilelang oleh Artcurial. Jam tangan ini sendiri merupakan milik Helmut Rosel, seorang frogman atau penyelam angkatan laut Jerman pada Perang Dunia Kedua.

 

Ditemukan benda bersejarah lainnya

Jam Tangan Penyelam Jerman di Perang Dunia Kedua Dilelang dengan Harga Rp 1,7 Milyar
Intip penampilan jam tangan penyelam dari perang dunia kedua yang dilelang (Foto: Artcurial)

Jam tangan ini berhasil dilelang dengan harga 110.500 Euro atau sekitar Rp 1,7 Milyar. Padahal harga lelang yang dibuka ada 90 ribu Euro atau sekitar Rp 1,4 milyar.

Jam tangan dari Panerai ini sendiri sungguh luar biasa. Memiliki bingkai baja dan tali militer yang disertai dengan kompas komando. Sebuah buku catatan sang penyelam pun memberi kesaksian tentang evolusi karier militer prajurit muda. Beserta dengan buku catatan tersebut, ditemukan juga hiasan militer, lencana perenang tempur, foto asli sang penyelam, dan dua surat tulisan tangan Helmut Rosel.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓