Tips Pintar Manfaatkan Kartu Kredit untuk Belanja Brand Favorit

Iwan Tantomi05 Okt 2019, 07:37 WIB
Tips Pintar Manfaatkan Kartu Kredit untuk Belanja Brand Favorit

Fimela.com, Jakarta Punya kartu kredit itu menyenangkan dan jadi solusi yang memudahkan transaksi keuangan. Namun, nggak sedikit juga yang salah memakainya hingga terlilit utang. Kartu kredit memang dibuat agar siapa saja bisa memenuhi kebutuhannya tanpa harus menunggu uang terkumpul, apalagi buat yang doyan shopping brand ternama. Biar nggak berakhir dengan tumpukan hutang, aplikasikan tips smart berikut ini.

Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Kini makin banyak kartu kredit yang ditawarkan dengan berbagai promo menarik. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa kartu kredit, pastikan keuntungan yang ditawarkan memberikan fitur reward point yang beragam.

Selain itu, nggak salahnya memilih kartu kredit yang sering memberikan potongan harga pada brand produk yang sering digunakan, seperti Kartu kredit BCA. Pahami semua insentif yang ditawarkan sehingga dapat memutuskan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Gunakan Reward Point untuk Berbelanja

Menggunakan kartu kredit bukan hanya dilakukan untuk mendapatkan diskon atau potongan harga, tapi juga point reward dari total belanja. Point reward ini bisa dikumpulkan dan digunakan untuk berbelanja lagi, lho. Tapi sebelum bertransaksi dengan kartu kredit, jangan lupa untuk memahami persyaratan bagaimana cara mendapatkan insentif yang berbeda-beda tergantung pada kebijakan provider kartu kredit.

Belanja Sesuai Kemampuan

Dikit-dikit bayar pakai kartu kredit, padahal terlalu sering berbelanja memakai kartu kredit itu sama saja dengan menumpuk hutang. Bukannya berhemat, hal ini malah bikin kamu boros dan tentunya kurang bagus buat kondisi keuanganmu.

Sebisa mungkin kontrol pemakaian kartu kredit agar nggak menyulitkanmu saat waktunya membayar tagihan. Walaupun ada limit kartu kredit yang besarannya bisa mencapai 2-3 kali gaji bukan berarti bisa belanja hingga mepet limit tersebut. Sebaiknya, batasi maksimal 30 persen dari gaji yang akan digunakan untuk membayar tagihan dari belanja brand favoritmu.

Sering Mengecek Promo yang Berlaku

Persaingan provider kartu kredit untuk menggaet pengguna baru bisa jadi peluang buatmu untuk berhemat, lho. Sering-sering memeriksa penawaran promo yang berlaku yang diberikan oleh kartu kredit yang bekerjasama dengan brand tertentu. Seperti Kartu kredit BRI yang memberikan penawaran yang menguntungkan dan bisa menekan pengeluaran, seperti diskon tertentu, point reward, hingga cicilan bunga 0%.

Manfaatkan Bonus yang Ditawarkan

Memiliki beberapa kartu kredit kini bukan lagi hal tabu, apalagi buat pengejar promosi dan keuntungan yang ditawarkan oleh nasabah baru kartu kredit. Tapi sebelum tergoda oleh penawaran yang diberikan, lakukan riset terlebih dahulu agar keuntungan yang didapat lebih maksimal, misalnya besaran cashback, potongan harga, maupun reward point yang didapat setiap kali berbelanja. Kalau memberikan efek positif buat kondisi keuanganmu, nggak ada salahnya untuk berpindah dan membuka kartu kredit baru.

Belanja dengan kartu kredit bisa hemat dan menguntungkan, asal #MulaiAjaDulu di Tokopedia. Temukan manfaat sesungguhnya dari penggunaan kartu kredit dengan tips-tips pintar ini. Selamat berbelanja!