Warisan Indonesia Digambar Lewat Lima Koleksi Modest Wear Label Lokal AISAA

Anisha Saktian Putri12 Mar 2020, 14:30 WIB
Peluncuran koleksi AISAA/dok. Daniel Kampua

Fimela.com, Jakarta Indonesia memiliki banyak budaya yang mewariskan kain-kain dengan corak yang indah, yang dapat menjadi inspirasi para desainer atau para pelaku fashion di tanah air. Inilah yang membuat PT Elang Prima Retailindo meluncurkan brand fashion modest wear, AISAA.

Olivia Saroinsong, selaku Deputy Director AISA menjelaskan terdapat lima brand ini dibuat untuk menunjukan keindahan dan keragaman dari warisan budaya di Indonesia, digambarkan melalui koleksi fashion yang authentic, genuine, dan berkarakter. 

“Jadi kami menunjukan bukan hanya batik, tapi ada banyak warisan budaya Indonesia seperti tenun. Kelebihan dari brand ini ialah terlihat dari pattern yang digunakan dengan bahan yang nyaman,” ujar Olivia, saat ditemui dalam peluncuran brand AISAA pada Rabu (11/03/20), di Jakarta. 

Dalam koleksi perdananya, Olivia mengatakan meluncurkan lima koleksi bertemakan “Inspirasi Pesonamu”. “Lima koleksi ini menceritakan lima budaya di Indonesia dari berbagai daerah dikaitkan dengan personality perempuan yang memiliki pesona sesuai karakternya,” tuturnya.

Menurutnya, koleksi ini limited edition dengan menggunakan bahan-bahan seperti polyster, tidak tembus padang dan nyaman digunakan. Bersiluet tunik, dress, atasan, kaftan, dan atasan dengan warna-warna seperti biru muda, putih, maroon, cokelat, hingga ungu.“Jika koleksi ini habis kita tidak akan produksi lagi.  Melainkan produksi koleksi baru, biar tidak pasaran,” tuturnya. 

Peluncuran koleksi AISAA/dok. Daniel Kampua
Peluncuran koleksi AISAA/dok. Daniel Kampua

Arti dari lima koleksi AISAA

Peluncuran koleksi AISAA/dok. Daniel Kampua
Peluncuran koleksi AISAA/dok. Daniel Kampua

Koleksi pertama ialah Dayak dari Kalimantan dengan corak pakaian khas Kalimantan. Pakaian ini melambangkan perempuan yang selalu percaya diri dan mampu mewujudkan mimpinya, tanpa menghilangkan kesan anggun pada perempuan. 

Koleksi kedua, Mandalika terinspirasi dari Putri Raja Tonjang Baru, yang memiliki kecantikan dan keanggunan. Kisah tersebut digambarkan melalui pakaian dengan corak adat budaya Mandalika terkesan tradisonal namun tetap mewah. 

Ketiga koleksi Sikka dari Nusa Tenggara Timur yang dapat menggambarkan perempun tangguh namun tetap anggun. Lalu, ada corak bunga Randa atau Dendelion yang dihiasi dengan corak bunga yang memberi kesan feminim dan anggun.

Dan yang terakhir Seroja, yang akan memberikan kesan teduh dan sejuk bagi si pengguna. Saat ini, koleksi AISAA dapat dibeli di e-commerce Bukalapak dengan harga berkisar Rp. 300 ribu rupiah. 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓