Janur, Koleksi Fashion Terbaru dari Studio Jeje tentang Tradisi Jawa dan Bali yang Sakral

Annissa Wulan27 Nov 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2020, 07:00 WIB
Janur, koleksi terbaru dari Studio Jeje

Fimela.com, Jakarta Brand fashion Studio Jeje merilis koleksi fashion terbarunya yang diberi tajuk "Janur". Koleksinya kali ini bertujuan memamerkan kearifan lokal tentang janur, daun kuning muda di bagian atas pohon kelapa.

Janur adalah lambang sabda abadi atau hati suci, kemakmuran, dan keinginan luhur, yang memiliki tempat istimewa di hati masyarakat Indonesia. Janur diambil dari kata "Ajining Nur" yang menunjukkan kekuatan sakral dari cahaya.

Semangat ini dapat mengarahkan ke tempat yang lebih baik bagi mereka yang percaya pada harapan dari hati yang murni dan jiwa terdalam. Pemasangan janur merupakan salah satu tradisi sakral yang ada dari generasi ke generasi pada adat Jawa dan Bali.

Janur, koleksi terbaru dari Studio Jeje

Janur, koleksi terbaru dari Studio Jeje
Janur, koleksi terbaru dari Studio Jeje. Sumber foto: Instagram.

Tema ini diinterpretasikan melalui sulaman janur dalam warna kuning cerah yang didominasi nuansa gelap khas Jeje. Warna kuning yang digunakan bersinar menyerupai bayangan belang-belang.

Bentuk janur dalam koleksi fashion ini mempertahankan siluet kotak khas Studio Jeje dan sulaman seperti terlihat pada mantel tipis dan maxi dress. Penggunaan teknik tradisional ini diilhami oleh selaput daun kuning muda yang menjadikan bentuk geometris janur.

Angelita Nurhadi, desainer dari Studio Jeje ingin mengajak para pemakai koleksinya untuk menyelami esensi janur. Menjadikannya filosofi sebagai keyakinan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓