Covid-19 Bukan Penghalang, Berikut Daftar Kategori Belanja Online Terlaris Selama Ramadan 2021

Anisha Saktian Putri08 Mei 2021, 10:12 WIB
Diperbarui 08 Mei 2021, 10:12 WIB
Daftar belanja online terlaris selama Ramadan 2021/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Ramadan tahun ini masih sama dengan tahun lalu, di mana pandemi Covid-19 masih belum terkendali, yang mengharuskan masyarakat untuk lebaran di rumah. Situasi ini pun membuat UMKM terus berupaya mengembangkan usaha dalam kanal online serta memanfaatkan momen Hari Raya untuk meningkatkan penjualan.

Masyarakat kini lebih memilih belanja online sebagai destinasi utama untuk memenuhi kebutuhan dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Shopee Indonesia pun baru saja menutup kampanye Big Ramadan Sale 2021, dimana tercatat total produk UMKM yang terjual mencapai lebih dari 130 juta pada tanggal 23 April, 30 April, dan 5 Mei 2020. 

Kampanye tersebut bertujuan menjadi wadah yang dapat memberikan solusi bagi para pelaku usaha khususnya UMKM untuk terus berkembang dan menjaga keberlangsungan bisnis di bulan Ramadan.

Owner Alfargalery, Astri Mutiara Rizki, yang merupakan salah satu penjual di Shopee pun mengatakan, selain promo, untuk meningkatkan penjualan ia pun memanfaatkan berbagai fitur di e-commerce. Misalnya saja menggunakan live streaming, voucer toko, game, hingga mengikuti flash sale.

"Semua fitur dimanfaatkan untuk menarik pembeli," ujar Astri dalam acara virtual bersama Shopee, Jumat, (7/5).

Astri juga mengatakan walau Ramadan di rumah saja, tapi tidak mengurangi minat pembeli dalam berbelanja kebutuan lebaran. Terbukti, penjualan gamis dan hijab pun menjadi produk terlaris tahun ini. "Walau di kondisi Covid-19 tidak mengurangi minat masyarakat dalam membeli baju untuk Idul Fitri," tambahnya.

Shopee pun mencatat adanya dukungan dari pengguna terhadap produk-produk UMKM dari berbagai kategori, dimana Kategori Souvenir, Pakaian Muslim dan Pakaian Bayi & Anak menjadi peluang baik untuk perkembangan bisnis para penjual UMKM.

Adi Rahardja mengatakan, souvenir, terlihat menjadi kategori dengan peningkatan produk terjual lebih dari 3 kali lipat. Pengguna memanfaatkan kategori ini untuk memenuhi kebutuhan dekorasi rumah dan melengkapi keperluan pengiriman parsel Lebaran untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga.

Kategori fashion seperti pakaian muslim, Pakaian Bayi & Anak, Plisket, Baju Koko, dan Gamis Anak menjadi produk paling dicari di Ramadan tahun ini.

Wadah Berbagi Kebaikan selama Ramadan 2021

Belanja online/shutterstock
Ilustrasi belanja online/(c) Shutterstock

Tidak hanya menjadi wadah untuk berbagai alternatif aktivitas online selama Ramadan, melainkan dapat berbagi ke sesama secara virtual, baik untuk donasi, maupun pembayaran zakat kepada pihak yang membutuhkan.

Melalui program Berbagi Tanpa Batas, sebanyak total Rp 1,128,461,180 zakat dan donasi telah terkumpul sejak awal kampanye Big Ramadan Sale hingga tanggal 5 Mei 2021.

Untuk mendistribusikan hasil dana ini kepada mustahik, Shopee  berkolaborasi dengan berbagai mitra lembaga terpercaya antara lain seperti, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim dan Nu Care Lazisnu. Shopee dan ShopeePay juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan sebagian total donasi melalui salah satu program spesial kolaborasi bertajuk “Pemberdayaan Ekonomi UMKM”.

"Hasil donasi melalui Shopee, kami salurkan ke pelaku UMKM di berbagai wilayah desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi se Indonesia," ujar Irvan Nugraha, Chief Marketing Officer Rumah Zakat.

Pengguna masih bisa menikmati kampanye Big Ramadan Sale 2021 ini hingga 11 Mei dengan penawaran sehari-hari menjelang Hari Raya berupa Diskon Mulai dari 50% di tanggal 9 Mei, Diskon s/d 95% untuk Produk Digital di tanggal 8 Mei, dan Diskon s/d 90% untuk kebutuhan Fashion Muslim di tanggal 7 Mei, dengan kesempatan untuk berbagi kebaikan secara digital seperti zakat dan donasi, yang masih bisa dilakukan hingga 13 Mei 2021.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓