Bridezilla Syndrom, Jangan Sampai Menjangkiti Kamu Saat Akan Melangsungkan Pernikahan

Isabela Rosalini01 Okt 2016, 11:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2016, 11:00 WIB

Jakarta Merupakan hal yang biasa, bila banyak pengantin perempuan akan berubah menjadi Bridezilla ketika sedang merencanakan pernikahan yang membutuhkan proses yang panjang. Maka dari itu itulah peran wedding organizer dibutuhkan, untuk membantu para calon pengantin dalam mewujudkan pernikahan impian mereka. Dan jika kamu sudah mulai berpikir untuk menyewa jasa wedding organizer, maka pastikan bahwa kamu sudah siap untuk selalu bersikap terbuka mengenai 5 hal berikut ini, agar mereka bisa memahami betul keinginanmu.

Budget

Mendiskusikan budget adalah hal yang paling penting untuk dibahas secara jujur dan terbuka. Dengan adanya bayangan akan dana yang tersedia, wedding organizer-mu akan dapat mulai membangun arah perencanaan dan mulai membantu mewujudkan pernikahan impianmu. Membuat perincian budget pun dapat jadi salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan karena banyaknya hal yang harus diperhitungkan secara teliti, dan di bagian ini lah wedding organizer akan membantumu untuk membuat perincian secara tepat. Jangan pernah ragu juga untuk menyampaikan keberatan untuk beberapa aspek yang mungkin kamu anggap terlalu mahal.

Sikap Keluarga

Wedding organizer juga perlu mengetahui kondisi keluargamu dan pasangan, karena hal ini juga akan menentukan pendekatan yang mereka perlukan selama proses perencanaan. Misalnya, bila keluargamu memegang teguh adat sakral pernikahan, mereka akan berusaha untuk mengakomodir keinginan mereka. Atau ceritakan pula hal lain seperti salah satu anggota keluargamu yang suka ikut mengatur semua persiapan pernikahan dengan berlebihan. Hal ini akan membantu mereka menyiapkan strategi untuk menghadapi kendala ini dengan cara yang profesional.

Schedule

Ketika hari besar sudah semakin dekat, wedding planner pasti akan mulai membahas jadwal acara. Bukan lagi tentang pilihan dekorasi, atau katering, namun sudah berlanjut ke jadwal acara dari menit per menit. Misalnya apa yang akan kamu lakukan sebelum foto keluarga, kapan waktunya untuk berganti pakaian. Perlu juga dibuat jadwal kecil yang mencakup kegiatan pesta secara umum untuk diberitahu pada keluarga besar, agar mereka tahu kapan waktunya berganti baju atau siap-siap di lokasi.

Detail

Penting untuk membicarakan semua detail acara dengan baik, karena kamu tentu akan merasa tenang dan percaya diri jika sudah mengetahui semua detail pesta pernikahanmu. Umumnya, salah satu orang dari wedding planner akan selalu standby denganmu untuk menginformasikan semua hal seperti jika proses makeup harus dipercepat, atau saatnya kamu harus makan.

Kontrak

Ternyata walaupun penting, banyak yang melupakan keberadaan kontrak ini. Pastikan kamu membicarakan perihal kontrak dengan wedding planner sedini mungkin. Kontrak bertindak sebagai blueprint dan deskripsi pekerjaan wedding planner dan melindungimu dari kemungkinan bayaran yang berlebih atau pembatalan sepihak yang merugikan. Pastikan bahwa kerjasamamu dan wedding planner berjalan sesuai dengan kesepakatan awal.

What's On Fimela