Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah yang Perlu Diketahui

Anisha Saktian Putri22 Jun 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 12:00 WIB
Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah/dok. theaurumlab.com

Fimela.com, Jakarta Tradisi memberikan cincin kepada pasangan saat bertunangan atau menikah sudah menjadi hal lumrah dilakukan. Ternyata pemberian cincin untuk mengikat janji suci tersebut telah dilakukan sejak zaman Mesir dan Yunani kuno.

Hingga saat ini tradisi tersebut masih dilakukan oleh semua pasangan yang akan melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius.

Pertunangan dan pernikahan melambangkan cinta yang abadi. Maka dari itu memberikan cincin juga dilihat sebagai suatu simbol yang sakral. Walaupun dijadikan sebagai simbol ikatan antara dua pasangan, tapi ternyata cincin pertunangan (engagement ring) berbeda dengan cincin nikah (wedding ring) lho.

Lalu apa sih perberbedaanya!m? Melansir theaurumlab.com, perbedaan pertama ialah cincin tunangan biasanya diberikan oleh pihak pria saat melamar pasangannya. Sedangkan cincin nikah digunakan oleh kedua pasangan saat sudah mengucapkan janji pernikahan dan terikat dalam hubungan pernikahan

Perbedaan lainya bisa dilihat dari segi desain cincin. Biasanya cincin tunangan memiliki desain yang lebih mewah dan lebih elegan yang dihiasi batu permata atau berlian. Model yang paling sering digunakan sebagai cincin tunangan adalah model cincin solitaire yaitu cincin yang memiliki satu mata berlian di tengah cincin tersebut.

Dalam memilih cincin nikah kebanyakan pasangan lebih memilih cincin yang memiliki desain lebih minimalis sehingga nyaman untuk digunakan setiap hari. Biasanya cincin nikah terbuat dari emas yang tidak memiliki berlian. Namun akhir-akhir ini, sudah banyak pasangan yang juga menggunakan batu berlian kecil sebagai pemanis pada cincin nikahnya.

Memilih cincin harus hati-hati

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah/dok. theaurumlab.com
Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Nikah/dok. theaurumlab.com

Pertunangan dan pernikahan merupakan suatu langkah besar dan sakral bagi seorang pasangan. Jika sedang melakukan persiapan pernikahan atau sedang memikirkan untuk melamar pasangan, cincin yang nantinya akan digunakan merupakan simbol dari ikatan abadi. Maka dari itu, pemilihan cincin harus dilakukan dengan hati-hati.

Pilihlah koleksi wedding dan engagement ring yabg sudah terpercaya seperti di Aurum Lab yang menggunakan emas asli 18K untuk cincin perempuan dan material silver bagi cincin pria.

Tidak hanya itu, semua koleksi engagement ring dan wedding ring dalam Koleksi Eterna menggunakan berlian dengan kualitas F-VS yang akan memberikan kesan elegan dan mewah. Cincin tunangan dengan batu berlian mulai dari harga 3jt-an saja dan cincin nikah mulai dari 5jt-an.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓