Sukses

Fashion

Yuk Selamatkan Bumi dari Kerusakan dengan Material Kulit Vegan Ramah Lingkungan dari Daun Kaktus

Fimela.com, Jakarta Pencemaran lingkungan adalah masalah serius yang harus dihadapi setiap mahluk hidup yang ada di bumi. Oleh karenanya, sebagai manusia kita dapat melakukan sesuatu untuk mencegah kerusakan bumi akibat pencemaran. 

Menggunakan pakaian yang ramah lingkungan pun menjadi salah satu cara kita dapat menjaga bumi. Seperti yang dilakukan dua pria bernama Adrian dan Marte yang bekerja di industri otomotif, fashion dan furnitur mereka menyadari bahwa pencemaran lingkungan adalah masalah serius dan mendapat inspirasi untuk melakukan sesuatu.

Mereka berdua meninggalkan pekerjaan dan memutuskan untuk mendedikasikan waktunya untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa yang akan berpotensi mengubah dunia.  Butuh waktu sekitar dua tahun penuh hingga mereka akhirnya selesai membuat bahan kulit ramah lingkungan yang terbuat dari kulit kaktus yang telah dipasarkan pada Juli 2019.

Mengapa kaktus? Melansir Boredpanda, jawabannya sederhana—tanaman ini tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh, sangat ulet dan kuat, serta dapat menangani suhu rendah tanpa mati. Selain itu, mereka tinggal di México yang mudah menemukan kaktus di sana.

Bahan kulit vegan yang dibuat mereka berdua ini disebut "Desserto" dan ini adalah bahan organik ramah lingkungan pertama di dunia yang terbuat dari kaktus Nopal.

Adrian dan Marte menanam kaktus mereka di sebuah peternakan yang terletak di negara bagian Zacatecas.

Cara membuat bahan kulit dari kaktus

Bahan ini dianggap sangat berkelanjutan dan tanpa bahan kimia beracun.  Selain itu, perusahaan menawarkan berbagai macam warna, ketebalan, dan tekstur.

Proses pembuatannya cukup menarik, pertama-tama, mereka menemukan dan memotong daun kaktus yang matang, membersihkannya, menumbuknya, kemudian mengeringkannya di bawah sinar matahari selama tiga hari.

Setelah itu melanjutkan untuk memprosesnya sehingga bahan tersebut nantinya dapat menjadi bagian dari kulit vegan yang dipatenkan.

Salah satu hal terbaik tentang bahan vegan ini adalah terlihat dan terasa persis seperti kulit asli.  Ini elastis dan sangat dapat disesuaikan. Kulit vegan ini diaplikasikan pada beragam item fashion seperti tas dan dompet. Dengan berbagai warna seperti merah, hijau, dan hitam.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading