Beda Berlian Asli dan Palsu, Wajib Tahu Biar Nggak Tertipu

Iwan Tantomi22 Jun 2021, 14:20 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 17:49 WIB
The Palace

Fimela.com, Jakarta Kilau cantik #PerhiasanBerlian mampu memikat perempuan mana pun yang melihatnya. Selain cantik, cincin emas wanita dan jenis perhiasan lainnya pun sering dijadikan investasi karena nilai jualnya yang tinggi. Tertarik untuk memulainya? Pertama, pastikan kamu memahami beda berlian asli dan palsu biar nggak tertipu.

Kuat dan Tidak Tergores

Bedanya
(c)The Palace Jeweler

Tahukah kamu kalau berlian termasuk salah satu yang terkuat di bumi? Saking kuatnya, berlian mampu memotong kaca dan menggores benda apa pun, tanpa mengalami kerusakan atau terbelah.

Keunggulan ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apakah berlianmu termasuk asli atau palsu. Coba goreskan berlian ke kaca atau gosok permukaannya dengan amplas kasar. Jika mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan berlianmu palsu. Nggak heran jika berlian jadi primadona cincin emas wanita.

Tahan Panas

Kuat
(c)The Palace Jeweler

Terkadang #PerhiasanBerlianTerjangkau membuatmu meragukan keasliannya. Uji dengan cara mudah yaitu membakarnya menggunakan korek api selama 30 detik. Selain tidak terasa panas saat dipegang, berlian asli akan tetap padat meskipun mengalami perubahan suhu ekstrem dari panas menjadi dingin dalam waktu singkat.

Bisa Tenggelam

Berat
(c)The Palace Jeweler

Memilih cincin emas model terbaru memang harus hati-hati. Pasalnya, kini banyak penjual nakal yang menggabungkan berlian palsu dengan yang asli. Untungnya, ada pengujian mudah yang bisa dilakukan di rumah. Cukup siapkan gelas berisi air, lalu dengan hati-hati masukkan berlian ke dalamnya. Memiliki kepadatan atau massa jenis yang tinggi, berlian asli akan langsung tenggelam ke dasar gelas.

Tidak Tembus Pandang

Padat
(c)The Palace Jeweler

Tak sedikit yang beranggapan kalau berlian mirip dengan kristal, yang membuatmu dapat melihat tulisan dengan jelas di baliknya. Padahal, berlian yang asli nggak memiliki refleksi yang jelas dan bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menentukan keaslian berlian.

Pertama, pastikan cahaya di sekelilingmu cukup terang, lalu gunakan sisi berlian yang datar untuk mencoba membaca tulisan di baliknya. Jika sulit membacanya atau tampak buram, bisa dipastikan jika berlianmu itu asli. Hal ini berasal dari sisi-sisi dari berlian asli yang nggak membiasakan cahaya dalam garis lurus.

Cahaya Warna Abu-Abu

Warnanya
(c)The Palace Jeweler

Berlian banyak dipakai untuk perhiasan wanita karena mampu memberikan kilau yang memesona. Nah, berlian yang asli akan tampak berkilau berwarna abu-abu dari setiap sisinya. Sebaliknya, yang palsu hanya bisa merefleksikan cahaya di bagian atas saja dan menghasilkan pantulan dalam berbagai warna.

Biar nggak tertipu, pastikan beli di toko terpercaya yang terjamin keasliannya. Nggak selamanya harga perhiasan cincin emas yang dihiasi berlian itu mahal, karena sekarang sudah ada koleksi Moela dari The Palace Jeweler. Tampil cantik dengan cincin emas wanita berhiaskan berlian cukup sejutaan aja!

Ada 5 rangkaian seri #PerhiasanEmas 18 karat yang baru saja dirilis The Palace. Mengusung berlian asli, pilih model favoritmu dari koleksi Bermoela, Kamoela, Trimoela, Lovela, dan Modela yang mengusung desain dan simbol yang berbeda.

Mempercantik penampilan sekaligus dijadikan investasi, koleksi perhiasan emas terjangkau dari ini dapat dengan mudah didapatkan di gerai terdekat. Masih ragu menentukan model perhiasan yang akan diborong? Intip koleksi terbarunya di situs The Palace atau datang langsung ke gerai terdekat. Selain bisa dibeli langsung di gerai, kamu juga bisa membeli koleksi Moela dari The Palace Jeweler di marketplace kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Follow juga Instagram @thepalace_id biar kamu nggak ketinggalan informasi produk paling update!