Sukses

Fashion

5 Tips Merawat Tas Kulit agar Awet dan Tak Mengelupas

Fimela.com, Jakarta Tas berbahan kulit memang selalu menjadi pilihan. Selain timeless, tas kulit mampu membuat penampilanmu lebih trendi di setiap kesempatan.

Meski demikian, merawat tas kulit bukanlah perkara yang mudah. Bahan kulit umumnya membutuhkan perawatan lebih agar keindahan dan kualitasnya tetap terjaga.

Sebagus apapun kualitas kulitnya, tas kulit tetap bisa mengelupas dan berjamur jika tidak dirawat dengan baik. Untuk itu, kamu perlu tahu cara merawat tas kulit secara tepat. Lebih lanjut, berikut ini beberapa tips merawat tas kulit yang bisa kamu terapkan.

1. Hindari menggantung tas

Kebiasaan menyampirkan tas di atas gagang pintu atau pengait sebaiknya dihindari. Sebab, menurut Co-founder dan Direktur Kreatif Caraa Carmen Chen Wu, menyimpan tas kulit dengan cara digantung bisa merusak tas kulit.

"Jangan menggantung tas tangan dengan pegangan karena dapat merusak kulit. Saya sarankan berdiri tegak di rak,” ujarnya, dikutip Byrdie.

2. Hindari menyimpan tas di tempat yang lembap

Salah satu penyebab tas kulit jadi rusak dan berjamur, yaitu karena tas kulit di simpan di dalam ruangan yang memiliki suhu sangat lembap, atau ruangan yang sirkulasi udara yang kurang bagus.

Tapi kalau tas kulit kamu terbuat dari bahan yang premium, jamur akan muncul di tas kulit dalam jangka waktu yang lama, karena proses pertumbuhan jamur terhambat.

Oleh karena itu, kamu harus rutin melihat kondisi tas di ruang penyimpanan, minimal dua kali dalam sebulan. Sering-sering menjemur tas kulit atau sekedar di angin-anginkan.

3. Hindari paparan sinar matahari langsung

Meskipun tas kulit beberapa kali harus di angin-anginkan, hindari paparan sinar matahari langsung. Sebab sinar matahari bisa membuat tas kulit mudah kusam dan mengelupas.

4. Gunakan dust bag dan silica gel saat menyimpan tas

Co-founder dan Chief Visionary Officer Hobo Koren Ray menyarankan untuk menyimpan tas kulit di dalam dust bag. Pasalnya, dust bag dirancang khusus untuk mempertahankan kualitas bahan kulit.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan silica gel untuk menyerap kelembaban udara di dalam kotak penyimpanan. Dengan menggunakan silica gel, maka tas kulitmu akan terhindar dari jamur. Usahakan pula untuk memisahkan tali tas agar tidak menempel di tas.

5. Gunakan sabun non-detergent dan lotion khusus bahan kulit

Untuk membersihkan tas kulit, jangan menggunakan sabun yang memiliki detergen banyak, karena bisa menyebabkan tas kulit menjadi pecah-pecah.

Untuk membersihkan tas kulit, kamu bisa menggunakan sabun yang tidak mengandung deterjen, yang dicampur air dengan perbandingan 8:1 di dalam botol spray.

Semprotkan di kain microfiber, lalu gosok secara perlahan di bagian tas kulit yang kotor. Kemudian angin-anginkan tas dan hindari sinar matahari. Terakhir oleskan pelembap khusus untuk melindungi bahan kulit.

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading