Setelah Timur Tengah, Vivi Zubedi Ekspansi Fashion Muslim Lokal ke Australia

Fimela Reporter23 Sep 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 16:30 WIB
Merambah Kanca Internasional, Memperluas Pasar Ekspor Fashion Muslim untuk Memperkuat Industri Fashion Lokal

Fimela.com, Jakarta Meningkatkan budaya ekspor produk-produk lokal menjadi upaya industri untuk meningkatkan pemasukan dan ekspansi bisnis mereka. Tak hanya itu, dengan budaya ekspor, bisnis dapat meningkatkan kesadaran akan budaya lokal kepada masyarakat. Seperti VIVIZUBEDI yang berjalan di industri fashion muslim.

Nama brand VIVIZUBEDI memang sudah tidak asing lagi di kalangan fashion tanah air. Dengan inovasi-inovasi baru dalam fashion muslim, VIVIZUBEDI telah secara konsisten menghadirkan baju muslim kepada masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, brand VIVIZUBEDI juga secara konsisten membawa harum industri fashion muslim tanah air pada New York Fashion Week.

Hal ini telah membawa VIVIZUBEDI mampu bersaing dengan industri fashion internasional. Hingga saat ini, VIVIZUBEDI telah menyentuh pasar Timur Tengah, dengan membuka cabang di Riyadh, Saudi Arabia. Meski terhalang pandemi, hal ini tidak menurunkan semangat VIVIZUBEDI untuk terus memperluas pasar bisnisnya ke kancah internasional.

“Kalau abaya di Saudi itu kan umumnya satu warna saja. Nah, inovasi VIVIZUBEDI ini begitu unik karena satu set lengkap dengan motif yang sama. Selain itu juga kita menghadirkan detail-detail embroidery, VZ monogram, tapi bentuknya tetap abaya, secara syariat juga memenuhi, sehingga respon pasar sangat luar biasa,” ujar Vivi Mar’i Zubedi yang merupakan CEO dan desainer VIVIZUBEDI, menceritakan mengenai cabang yang ia buka pada tahun 2019 di Saudi Arabia. 

Ingin memperkuat budaya ekspor fashion lokal tanah air, VIVIZUBEDI kembali memperluas pasarnya ke negara Kanguru. Dengan kampanye #StrengthenLocalModest, VIVIZUBEDI terus menghadirkan desain-desain fashion muslim untuk para pelanggannya.

Memperluas pasar ke Australia

Merambah Kanca Internasional, Memperluas Pasar Ekspor Fashion Muslim untuk Memperkuat Industri Fashion Lokal
VIVIZUBEDI memperluas pasarnya ke Australia melalui platform online (Instagram/vivizubedi)

Berdiri sejak tahun 2011, VIVIZUBEDI terus menghadirkan fashion muslim dengan desain yang tegas dan elegan bagi peminatnya. Busana muslim yang unik ini telah memampukan VIVIZUBEDI untuk bersaing secara global dengan industri fashion lainnya. Hal ini terlihat dari partisipasi VIVIZUBEDI di London Fashion Week 2016 dan New York Fashion Week berturut-turut tiga tahun sejak 2017 hingga 2019.

“Dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia, harusnya Indonesia tampil memimpin perkembangan modest fashion dunia. Apalagi kekayaan budaya, etnis, dan asimilasi berbagai budaya serta tradisi di Asia; mulai dari pengaruh Tiongkok, Arab, hingga kolonial Eropa. Semua elemen itu memliki latar belakang cerita yang kuat serta simbolisme bermuatan filosofis. Belum lagi kalau kita bicara proses pembuatan yang handmade, tradisional. Karena kalau di luar kan semuanya sudah dibuat dengan mesin, serba otomatis, sedangkan kerajinan

kita memiliki craftsmanship yang tinggi. Berdasarkan pengalaman saya, mereka sangat apresiatif dengan karya-karya Indonesia karena unsur-unsur ini,” jelas Vivi. 

Menggerakan kampanye #StrengthenLocalModest, VIVIZUBEDI kembali berekspansi ke kancah internasional. Hadir dalam online platform, produk VIVIZUBEDI dapat diperoleh masyarakat Australia melalui allgoodjourney.com.au. Masyarakat Australia pun menyukai brand ini akan scarf-nya yang unik. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela