Sukses

Fashion

No Bra Day: Pengingat Perempuan untuk Mencegah Kanker Payudara dan Tren Tanpa Bra Meningkat Selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta No Bra Day atau Hari Tanpa Bra, dirayakan setiap tahun pada tanggal 13 Oktober. Perayaan ini diluncurkan pada tahun 2011 oleh ahli bedah plastik Dr Mitchell Brown dari Toronto, Kanada, untuk mempromosikan kesadaran kanker payudara.

Peringatan No Bra Day tidak hanya untuk membebaskan diri dari pakaian yang menyempit, tetapi juga untuk mengingatkan mereka akan gejala kanker payudara, mengingatkan untuk menjalani pemeriksaan dan melakukan pemeriksaan diri secara teratur.

Melansir the south china morning, perjalanan bra pun dimulai dari pita kompresi payudara yang digunakan di Yunani kuno hingga korset logam ketat di abad ke-19, hingga bra seperti yang kita kenal sekarang. Penulis dan jurnalis Lijia Zhang, anggota pendiri kelompok feminis pertama China East Meets West, mengatakan bahwa sebelum bra ditemukan, perempuan China dipaksa untuk memakai shu xiong – ikat pinggang kuno untuk meratakan payudara.

Bra dipatenkan pada tahun 1914 sebagai bra tanpa punggung oleh sosialita New York Mary Phelps Jacob, yang dikatakan telah membuatnya dari beberapa saputangan dan sepotong pita merah muda dari korsetnya saat bersiap-siap untuk pesta. Di zaman modern, bra telah mengalami fase popularitas yang ekstrem, seperti selama dekade power bra, tahun 1980-an, ketika Madonna mengatur nada dengan bra kerucutnya yang terkenal.

Pada awal 1990-an, penjualan Wonderbra meledak – paling tidak berkat kampanye iklan “Hello Boys” yang menampilkan supermodel Eva Herzigová, yang dikatakan telah menyebabkan banyak kecelakaan lalu lintas karena perhatian pengemudi teralihkan oleh papan reklame.

Pada 1960-an dan 70-an, aktivis feminis mendesak perempuan untuk berhenti memakai bra sebagai deklarasi kebebasan dan kekuasaan. Dan di tahun 2010-an, kampanye “Bebaskan Puting” – yang diikuti oleh selebritas seperti Rihanna, Chrissy Teigen dan Miley Cyrus – membahas kontroversi bahwa pria bisa tampil topless di depan umum tetapi dianggap sebagai perilaku tidak senonoh ketika wanita melakukannya.

Kesehatan

Selain kenyamanan, pemberdayaan, dan tampilan belahan dada yang khas, masalah kesehatan adalah alasan lain mengapa beberapa perempuan tidak memakai bra.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Cancer pada tahun 1991 menemukan bahwa wanita premenopause yang tidak memakai bra mengurangi risiko kanker payudara hingga setengahnya dibandingkan dengan pengguna bra.

Namun, penelitian selanjutnya mempertanyakan hasil penelitian tersebut dan American Cancer Society mengacu pada penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Cancer, Epidemiology, Biomarkers & Prevention yang menunjukkan tidak ada hubungan antara bra dan kanker payudara, karena jauh lebih dapat diandalkan. Mengenakan bra mungkin bukan risiko kesehatan, tetapi banyak penelitian menunjukkan bra yang tidak pas dapat sangat mempengaruhi tulang rusuk dan menyebabkan sakit punggung dan leher.

Bra yang dipasang dengan benar membantu mendistribusikan berat payudara secara merata (yang bisa mencapai satu kilo per payudara) dan bahkan dapat membantu mengangkat payudara dari tulang rusuk, membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

Aliran pemikiran lain adalah bahwa pergi tanpa bra untuk selamanya, atau setidaknya sebagian besar waktu, tidak menyebabkan sakit punggung. Profesor Prancis Jean-Denis Rouillon di Rumah Sakit Universitas Besancon di Prancis timur menyarankan hal ini setelah penelitiannya yang masih belum dipublikasikan mempertanyakan apakah membuang bra akan menyebabkan payudara melorot.

Selama periode 15 tahun, Rouillon mengukur payudara 330 sukarelawan berusia antara 18 dan 35 tahun, menggunakan penggaris geser dan jangka sorong. Hasil yang tidak dipublikasikan menyimpulkan bahwa wanita yang tidak memakai bra mengalami peningkatan 7 milimeter (0,28 inci) yang diukur dari puting mereka setiap tahun. Payudara mereka juga lebih kencang, dan stretch mark mereka memudar.

Namun, Rouillon sendiri menyarankan bahwa wanita yang lebih tua dapat mengambil manfaat dari mengenakan bra, dan kritikus mempertanyakan mengapa dia hanya mempelajari wanita muda.

Bra dapat membantu meningkatkan harga diri kita, membuat kita terlihat baik dan merasa baik. Dapat melindungi payudara kita, menjaganya agar tidak memantul selama latihan keras.

Tren no bra meningkat selama pandemi

Saat ini, ketika pandemi global virus corona meluas, fokusnya tampaknya telah bergeser ke "kenyamanan di atas mode".  Saat bekerja dari rumah mengaburkan batas antara pakaian siang dan pakaian tidur. Yang menimbulkan pertanyaan: apakah kita membutuhkan bra?

  Pelatih cinta, seks, dan hubungan Bibi Brzozka menjalani kehidupan tanpa bra (dan sebagian besar juga tanpa make-up dan sepatu) tetapi tidak selalu seperti itu. Pencarian cepat istilah "gerakan tanpa bra" mengungkapkan sejumlah artikel terbaru dari publikasi besar seperti The New York Times dan Vogue, dan lebih banyak lagi yang menyatakan bahwa "2020 bisa menjadi akhir dari garis untuk bra."

Pandemi memungkinkan orang di seluruh dunia untuk memprioritaskan kenyamanan daripada gaya dan, pada gilirannya, memungkinkan banyak wanita untuk menyingkirkan bra yang tidak nyaman.  Dorongan untuk menjadikan tanpa bra yang meluas sebagai perlengkapan permanen kehidupan modern pasti dimaksudkan untuk membebaskan perempuan dari alat yang digunakan untuk menindas dan mengobjektifikasi mereka selama beberapa dekade.Gerakan tanpa bra dimulai jauh sebelum COVID-19. 

Gerakan feminis tahun 60-an dan 70-an melihat para aktivis membakar dan membuang bra mereka yang tidak diinginkan sebagai pernyataan politik.  Melansir Yahoo, apakah bra benar-benar diperlukan atau hanya alat tak berguna yang diciptakan oleh patriarki telah muncul berulang kali sejak itu.  Tapi tidak ada gelombang pro-bralessness yang berhasil mengakibatkan kepunahan pakaian dalam dulu, meskipun bukan karena kurang berusaha.

 Sebuah studi tahun 2013 dari Profesor Jean-Denis Rouillon, spesialis kedokteran olahraga dari Centre Hospitalier Universitaire de Besancon di Prancis, bahkan menyatakan bahwa bra tidak memberikan manfaat kesehatan apa pun dan justru dapat menyebabkan payudara melorot.  Studi tersebut secara eksplisit menyarankan wanita muda untuk membuang bra mereka untuk selamanya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading