Sukses

Fashion

Magnificent Government Office - Pemprov Tarakan: Mengenal Keindahan Batik Tarakan yang Berpotensi Besar di Dunia Ekonomi

Fimela.com, Jakarta Kota Tarakan adalah sebuah kota di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan juga merupakan kota terbesar di Kalimantan Utara. Tapi siapa sangka, kalau ternyata Kota Tarakan juga memiliki batik yang sangat khas. Motif-motif Batik Tarakan biasanya terinspirasi dari kekayaan alam Kota Tarakan, yakni dari flora dan fauna.

Batik Tarakan? Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing. Namun, hampir setiap wilayah menghasilkan batik sesuai dengan ciri khas daerah masing-masing. Tak terkecuali Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Batik hasil suku asli Tidung inilah yang dinamakan Batik Tarakan.

Ciri khas Batik Tarakan terletak pada motif alamiahnya seperti kayu dan dedaunan. Berbeda dengan batik Kalimantan lainnya yang menggunakan motif alat perang. Selain itu, pemilihan pewarnanya pun tidak menggunakan bahan sintetis untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Fimela Magnificent Eleven berkolaborasi dengan UMKM Pemkot Tarakan dan Desainer Danjyo Hiyoji

Bekerja sama dengan pemerintah daerah Tarakan, Danjyo Hyoji menggandeng lima UMKM terpilih yang merupakan pengrajin batik. Masing-masing pengrajin memiliki mood yang beragam pada setiap motif yang mengharuskan mereka memikirkan rancangan yang tepat. Menggunakan motif Julak Batik, De Erte, Pakis Asia, Tenun Mersiah dan Tenun Lima Permata, Danjyo Hyoji menghasilkan 11 look mini collection dengan nuansa ringan dan santai.

Danyo Hyoji mengubah mengubah kesan kuno pada Batik Tarakan menjadi lebih modern. Ia menciptakan sejumlah koleksi dari Batik Tarakan yang ringan, mudah dipakai dan dipadu padankan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggiatkan UKM Nasional dengan harapan masyarakat sadar untuk menggunakan produk lokal.

Pemprov Tarakan masuk menjadi salah satu nominasi kategori Magnificent Government Office dalam penghargaan Magnificent 11 Awards Fimela. Untuk Sahabat Fimela yang mememfavoritkan Pemprov Tarakan dengan keindahan Batik Tarakannya. Yuk, berikan dukunganmu di sini!

 

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading