6 Cara Merawat Baju Putih agar Tidak Cepat Menguning dan Kusam

Fimela Reporter12 Jan 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 12 Jan 2022, 17:59 WIB
Cara Merawat Baju Putih Agar Tidak Cepat Menguning dan Kusam

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang mempunyai baju putih di lemarinya baik kaos ataupun kemeja. Baju warna putih memang mudah untuk di mix & match dengan warna-warna lain dan bisa digunakan untuk berbagai momen mulai dari yang santai sampai dengan yang formal seperti pesta pernikahan. Tapi, ada kendala utama yang wajib banget sahabat fimela tahu kalau baju putih ini perlu dirawat dengan baik.

Kalau sampai salah, bisa-bisa baju putih kamu akan menguning dan terlihat kusam. Pasti Sahabat Fimela ga mau hal itu terjadi kan? Nah, berikut cara merawat baju putih yang benar.

1. Sortir pakaian sebelum mencuci

Sebelum mencuci pastikan kamu memisahkan baju putih kamu dengan warna lainnya sehingga jika warna lain luntur tidak mempengaruhi baju putih. Selain warna, kamu juga harus memperhatikan bahannya ya! Jika kamu akan mencuci baju yang bahannya sama dengan bahan baju putih kamu maka tidak perlu dipisahkan.

2. Cuci sesuai kapasitas mesin cuci

Hindari mencuci baju terlalu banyak sekaligus karena selain akan merusak mesin cuci, teknik mencuci seperti ini juga akan membuat baju tidak bersih. Kalau jumlah baju melebihi takaran air, sabun deterjen justru malah akan menempel dan tidak terbilas sempurna. Ikutilah petunjuk pemakaian yang tertera pada mesin cuci dengan baik.

3. Gunakan deterjen khusus baju putih

Cara Merawat Baju Putih Agar Tidak Cepat Menguning dan Kusam
Deterjen khusus baju putih / copyright shutterstock

Beberapa deterjen memang dikhususkan untuk baju berwarna putih. Kandungan pemutihnya akan membuat warna baju kamu tidak berubah. So, jangan sampai kamu menggunakan deterjen ini untuk baju-baju kamu yang berwarna ya!

4. Gunakan suhu air sesuai label baju

Beberapa baju dianjurkan untuk dicuci dengan air suhu tertentu. Tujuannya untuk menghilangkan noda minyak dan keringat yang menempel dengan lebih mudah. Selain warna, kamu juga bisa mengelompokkan baju sesuai dengan teknik mencucinya.

5. Gunakan pemutih jika diperlukan

Terakhir, sebaiknya kamu gunakan pemutih jika diperlukan apalagi kalau kamu menemukan sisa noda pada baju putih kamu yang sudah di cuci. Sebelum kamu menjemurnya, bersihkan kembali menggunakan sabun pemutih atau cairan pemutih yang dijual di pasaran. Hal ini penting sekali karena jika noda sudah terkena panas dari luar akan lebih sulit dihilangkan.

6. Setrika dengan suhu sedang

Hindari menyetrika baju putih kamu dengan suhu yang terlalu panas ya! Ini bisa menyebabkan baju putih kamu kusam atau bahkan timbul noda kekuningan. Setrika baju putih kamu dengan suhu sedang atau menyesuaikan dengan perawatan yang tertera dengan label baju.

Sahabat fimela jangan lupa perhatikan cara-cara di atas untuk merawat baju putih kamu yaa! agar baju putih kamu tidak cepat menguning dan juga kusam.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela