Sukses

Fashion

Bertepatan dengan Hari Bumi, Koleksi Kolaborasi 3MONGKIS x Ykha Amelz Gunakan Bahan Serat Alami

Fimela.com, Jakarta Tepat hari ini (22/4), diperingati Hari Bumi Dunia dimana kita harus disadarkan lagi tentang menjaga planet yang kita tinggalin ini.

Salah satu permasalahan bumi ialah fast fashion, melansir earth.org, permintaan global untuk mode dan pakaian telah meningkat pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya sehingga industri mode sekarang menyumbang 10% dari emisi karbon global, menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar di zaman kita.

Fashion saja menghasilkan lebih banyak emisi gas rumah kaca daripada gabungan sektor penerbangan dan pelayaran, dan hampir 20% dari air limbah global, atau sekitar 93 miliar meter kubik dari pewarnaan tekstil, menurut Program Lingkungan PBB.

Terlebih lagi, dunia setidaknya menghasilkan sekitar 92 juta ton limbah tekstil setiap tahun dan jumlah itu diperkirakan akan melonjak hingga 134 juta ton per tahun pada tahun 2030. 

Melihat permasalahan tersebut, banyak brand fashion mengganti bahan pakaian yang lebih ramah lingkungan atau sustainble. Seperti salah satunya, brand fashion lokal Indonesia 3MONGKIS. Bertepatan dengan Hari Bumi3MONGKIS dalam kolekso terbaru bertajuk ‘Liquid Summer’, hasil kolaborasi bersama ilustrator dan visual artist Ykha Amelz, koleksi yang terbuat dari serat alami TENCELTM ini terdiri dari set shirt, pants, dan body suit. 

Seluruh koleksi dalam kolaborasi 3MONGKIS dan Ykha Amelz ini dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan yaitu serat TENCELTM. Serat yang terbuat dari pulp kayu dan menjadi bahan dasar pembuatan benang ini memiliki sejumlah keunggulan yang dapat memberikan nilai lebih terhadap produk pakaian.

Koleksi 3MONGKIS yang terbuat dari serat TENCELTM memiliki karakteristik tekstur yang lembut, warna yang cerah dan tahan lama, serta aman untuk kulit sensitif. Serat ini juga memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga membuat pakaian tetap kering dan mencegah timbulnya bakteri.

Melalui koleksi terbaru kolaborasi 3MONGKIS, Ykha Amelz, dan serat TENCELTM, kami terus berkomitmen untuk menjawab keinginan konsumen terhadap produk pakaian yang stylish sekaligus ramah terhadap alam. 

“Tak hanya dibuat dengan bahan yang alami dan tersertifikasi, serat TENCELTM juga diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki jumlah buangan atau waste yang sangat sedikit,” jelas Margret Marito, Marketing & Branding Manager, Lenzing Group SEA and Oceania.

Detail koleksi

Melalui koleksi ini, Ykha Amelz dan 3MONGKIS menampilkan gaya kasual namun tetap vibrant dan dinamis melalui ilustrasi Ykha yang ikonik.

‘Liquid Summer’ menghadirkan rangkaian koleksi resortwear yang sangat cocok untuk nuansa musim panas atau saat menikmati suasana di tepi pantai. Ykha Amelz mengatakan, konsep koleksi ini memiliki tampilan yang santai. Memori akan hari-hari tenang yang dipenuhi kemeriahan dan kebersamaan diwakili dengan warna-warna cerah.   

Hetty Awi, Founder dari 3MONGKIS mengatakan koleksi ‘Liquid Summer’ merupakan koleksi perdana 3MONGKIS yang menggunakan material serat alami TENCELTM. 

“Koleksi ‘Liquid Summer’ ini menjadi langkah awal 3MONGKIS untuk menawarkan produk fashion yang tak hanya stylish, tetapi juga sustainable dan ramah terhadap lingkungan. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan visual artist seperti Ykha Amelz yang menghadirkan konsep brilian, dan tentunya kami juga sangat menantikan untuk dapat membuat koleksi ramah lingkungan berikutnya bersama serat TENCELTM,” ucap Hetty.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading