Sukses

Fashion

5 Cara Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Luntur dan Pudar

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita merasa kesal kalau mencuci baju warna hitam, kemudian warnanya luntur dan mengotori baju lainnya. Selain itu, kendala lain setelah mencuci baju hitam adalah warnanya menjadi cepat pudar. Hal ini disebabkan karena ada beberapa kesalahan saat mencuci baju hitam.

Memang baju yang warnanya hitam harus dicuci dengan cara khusus. Walaupun Sahabat Fimela bisa mencuci baju hitam dengan memisahkan baju lainnya, tetapi masih ada beberapa cara lain yang wajib dilakukan untuk mencuci baju hitam. Terutama baju hitam yang masih baru.

Baju hitam yang warnanya luntur dan pudar tidak akan indah saat dikenakan kembali. Untuk itu, perhatikan cara mencuci baju hitam yang benar. Berikut cara mencuci baju hitam agar tidak luntur dan pudar:

Cara Mencuci Baju Hitam

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Baju

Agar baju hitam tidak luntur dan pudar, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci. Sebelum mencuci baju, pastikan untuk cek label baju yang terdapat di kerah baju terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk melihat panduan atau anjuran mencuci baju, sesuai dengan kain atau bahan baju tersebut.

2. Balik Pakaian

Sebaiknya pisahkan baju warna hitam dengan yang lainnya, lalu balik pakaian saat mencuci. Pakaian bagian depan akan mudah terkikis warnanya jika sering terkena deterjen. Untuk melindungi bagian depan baju hitam, cucilah baju dengan membalik pakaian.

3. Gunakan Air Dingin

Jika baju sudah dibalik, rendam baju dengan air yang dingin. Baju yang dicuci dengan air panas, akan menyebabkan baju menjadi luntur dan pudar. Rendam menggunakan deterjen khusus untuk baju dan hindari menggunakan pemutih baju.

Cara Mencuci Baju Hitam yang Selanjutnya

4. Jemur Di Tempat yang Tidak Terpapar Matahari

Untuk menghindari warna pudar, Sahabat Fimela bisa menjemur baju hitam di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena sinar UV dari matahari bisa merusak warna baju dan membuat baju terlihat lebih pudar. Cukup digantung dan diangin-anginkan saja untuk mengeringkannya.

5. Setrika Baju dengan Benar

Setelah baju kering, baju hitam bisa disetrika dengan suhu panas yang tertera pada label baju. Karena tidak semua kain yang digunakan untuk baju hitam dapat terkena suhu panas. Hati-hati saat menyemprotkan pewangi untuk setrika, karena kandungan kimianya bisa merusak warna baju.

Deterjen untuk Baju Hitam

Deterjen yang digunakan untuk mencuci baju hitam sangat berpengaruh dalam menjaga warna pakaian agar tidak luntur dan pudar. Sebelum mencuci pakaian, sebaiknya pilih deterjen yang khusus untuk baju hitam atau berwarna. Jangan gunakan deterjen yang mengandung pemutih.

Saat memilih deterjen, gunakan deterjen yang mengandung bright activator dan oksigen aktif. Kedua kandungan tersebut, bisa mempertahankan warna baju agar tidak luntur dan pudar. Bahkan deterjen dengan kandungan tersebut dapat menyerap ke dalam serat kain dan ampuh mengangkat noda.

Sebaiknya gunakan deterjen yang mengandung sedikit busa, agar tidak terlalu lama dibilas dan menghindari kucekan yang berlebihan. Lebih baik gunakan deterjen dengan tekstur cair, agar tidak meninggalkan bubuk deterjen di baju hitam. Deterjen yang tertinggal di baju dan terlalu lama mengucek baju, akan menyebabkan warna luntur dan pudar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading