5 Alasan yang Buat Kamu Gagal Olahraga, dan Bagaimana Solusinya?

Nabila Mecadinisa20 Sep 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 20:30 WIB
Amazfit

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan juga sebagai alat untuk mengontrol berat badan. Seberapa powerful-nya sih olahraga untuk wanita? Jawabannya sangat amat powerful, sebab ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini beberapa daftar manfaat berolahraga yang mungkin akan buat kamu terkejut dan bilang, “With this kind of health benefit, why i am not doing that!” 

Olahraga membantu mencegah demensia. Perlu kamu ketahui bahwa dementia merupakan salah satu silent killer bagi wanita dan menurut laporan World Health Organisation, olahraga adalah powerful tools untuk mengurangi risiko demensia pada wanita. 

● Olahraga baik untuk organ reproduksi. Bagi kamu yang sedang dalam program kehamilan, mungkin bisa consider untuk starting exercise. Pasalnya, olahraga itu membantu menjaga kesehatan organ reproduksi dan sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan. 

●  Olahraga mengurangi risiko kanker payudara. Girls, kanker payudara adalah salah satu penyakit yang harus kamu hindari. Sama seperti demensia, kanker payudara juga jadi silent killer bagi wanita. Salah satu cara mengurangi risiko kanker payudara adalah dengan berolahraga.

●  Olahraga untuk menghindari stress. Manfaat olahraga satu ini pasti relatable untuk kamu para wanita modern dengan segudang kegiatan setiap harinya sehingga cenderung bisa membuat stress. Sebelum stress jadi berkelanjutan dan membawa masalah kesehatan, kamu harus berolahraga. Plus, olahraga bisa naikin mood kamu. Setelah kamu tahu apa saja manfaat kesehatan untuk wanita, sekarang mari kita mulai bahas 5 hal yang buat kamu gagal olahraga dan bagaimana solusinya. Jadi setelah membaca pembahasan di artikel ini tidak ada lagi alasan untuk tidak olahraga. Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Tidak punya banyak waktu

Amazfit
5 Alasan yang Buat Kamu Gagal Olahraga, dan Bagaimana Solusinya?

Waktu adalah hal yang paling sering jadi alasan gagal untuk olahraga, terutama bagi wanita. Dengan tanggungjawab pekerjaan dan pekerjaan domestik di rumah, olahraga kadang jadi 1 

prioritas kesekian untuk wanita. Padahal sesungguhnya olahraga yang efektif tidak membutuhkan waktu lama, cukup 30 menit saja per hari. Dengan catatan harus konsisten setiap hari atau setidaknya tiga kali seminggu. Lalu kamu berpikir bagaimana caranya konsisten untuk berolahraga di tengah-tengah kegiatan harian yang padat? Untuk hal ini solusinya adalah kamu memanfaatkan teknologi Peakbeats di Amazfit GTS 4 mini dimana algoritma olahraga kamu bisa dipantau dan diset secara personal sesuai kapasitas olahraga dan waktu kamu. 

Dengan begitu kamu bisa punya akses ke data habit olahraga kamu mulai dari kadar oksigen, recovery time, dan training effect. Artinya kamu dengan mudah bisa memantau apakah olahraga kamu sudah memberikan hasil yang maksimal atau belum. Ketika berolahraga pun kamu tidak perlu berhenti untuk mengecek data kesehatan karena Amazfit GTS 4 mini memberikan monitor kesehatan selama 24 jam. 

Built in Amazon Alexa di Amazfit GTS 4 Mini juga bikin jadwal mengatur jadwal dan konsistensi dalam berolahraga jadi semakin mudah. 

2. Gender Factor 

Tidak bisa dipungkiri kalau tubuh wanita sangat berbeda dengan pria. Jadi lebih menantang bagi wanita untuk berolahraga ketimbang pria. Secara hormonal, wanita harus mengalami perubahan hormon setiap bulannya ketika masa menstruasi. Saat periode itu akan terjadi mood swing dan juga perubahan mekanisme tubuh yang menyebabkan terkadang harus merelakan waktu untuk berolahraga. Bagaimana solusinya? Kamu bisa mencatat cycle menstruasi kamu secara manual, dan menyesuaikan jadwal olahraga. Jadi kamu tahu benar kapan harus terus berolahraga dan kapan harus istirahat. Atau kalau mau lebih mudah lagi, kamu bisa memanfaatkan fitur Menstrual Cycling Tracking di Amazfit GTS 4 Mini. 

Kamu hanya tinggal mencatat cycle menstruasi kamu dan sistem AI Amazfit GTS 4 Mini akan secara otomatis memberikan prediksi tentang kapan periode menstruasi dan juga masa subur. Jadi progres olahraga kamu bisa di-maintain dengan lebih baik. 

3. Kurang Berenergi

Amazfit
5 Alasan yang Buat Kamu Gagal Olahraga, dan Bagaimana Solusinya?

Alasan yang sering buat kamu gagal olahraga adalah kurang energi, terutama untuk kamu yang olahraga setelah pulang kerja. Dengan tingkat energi yang rendah, tentu kamu ingin segera sampai rumah lalu makan sambil nonton Netflix. Tapi tentu saja ini tidak bisa didiamkan karena lama kelamaan tubuh kamu akan lebih banyak menimbun lemak akibat dari kurangnya bergerak. Kalau dipikir secara seksama, kurangnya energi itu berkaitan dengan pola makan kamu. Berapa kalori yang dikonsumsi dan sebagaimana nutrisi kamu tercukupi. Jika nutrisi tercukupi maka kamu tidak akan kekurangan energi untuk olahraga. 

Mengatur pola makan dan menghitung kalori bukan hal yang sulit dengan Amazfit GTS 4 Mini. Berkat bantuan lebih dari 10 mini aplikasi seperti BMI calculator, Calorie Counter, sampai Water Time yang membantu kamu untuk selalu mencukupi konsumsi air. Kini tidak ada lagi cerita kamu gagal olahraga karena kurang energi. 

4. Memiliki Kondisi Kesehatan Bawaan 

Masalah kesehatan bawaan kerap kali jadi alasan utama yang buat kamu gagal olahraga. Misalnya ketika kamu memiliki kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, asma, atau darah tinggi maka kamu akan jadi takut olahraga karena takut nantinya menyulitkan. Padahal kamu yang memiliki masalah kesehatan harus berolahraga secara teratur. Hanya saja olahraga harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan, dan kamu harus memantau kondisi tubuh secara holistik ketika berolahraga. 

Makanya kalau kamu menggunakan Amazfit GTS 4 Mini kamu bisa dengan mudah bisa mengakses beberapa pengukur kondisi organ seperti jantung, darah, dan paru-paru. Jadi kamu bisa tahu seberapa besar intensitas yang sesuai. AMAzfit GTS 4 Mini juga memiliki fitur pengukur tingkat stres, ini sangat berguna untuk stress management. 

5. Keterbatasan Biaya 

Olahraga itu tidak melulu harus di fitness centre atau fasilitas olahraga berbayar lainnya. Olahraga bisa dilakukan tanpa harus keluar biaya lebih. Jadi untuk kamu yang punya budget tidak terlalu banyak tidak perlu harus membatalkan kegiatan olahraga kamu. Sesederhana jalan sore atau sepedaan saja sudah bisa membawa banyak manfaat untuk kamu, sudah begitu kegiatan tersebut juga bisa jadi stress relief buat kamu. Jelajahi sekitar kamu sekarang juga, dan jangan takut kamu akan tersesat atau bosan karena jalurnya itu-itu aja. Amazfit GTS 4 Mini punya positioning yang sangat presisi karena didukung oleh 5 satellite positioning. 

Makanya kamu bisa menantang diri kamu untuk olahraga sambil berpetualang. 

GTS 4 mini bisa kamu dapatkan di official store Tokopedia Amazfit Indonesia hanya dengan harga Rp.1.399.000,-. 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela