5 Langkah Menyimpan Tas yang Tepat Sehingga Tampilannya Terjaga dan Tahan Lama

Fimela Reporter15 Sep 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 15:30 WIB
5 Langkah Menyimpan Tas yang Tepat Sehingga Tampilannya Terjaga dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Tas tidak hanya sekadar menjadi tempat penyimpanan barang ketika bepergian, tapi juga mencakup mengenai gaya, estetika, hingga hobi. Memiliki beberapa atau lusinan tas bukanlah hal yang aneh. Namun, mengoleksi tas atau bahkan satu saja jika tidak tahu cara penyimpanan dan perawatan yang benar, merupakan hal yang amat disayangkan.

Dasarnya, tas perlu disimpan dengan tepat sehingga terhindar dari kerusakan dini yang sebenarnya bisa dihindari. Kerusakan ini bisa saja dimulai dari goresan kecil, kerutan, kulit yang mengelupas, berjamur, hingga noda yang membuatnya terlihat kusam. Sehingga tas-tas favorit Sahabat Fimela tidak lagi terpakai meskipun baru beberapa kali menggunakannya.

Sahabat Fimela tidak perlu khawatir, karena perawatan dan cara penyimpanan tas yang tepat bisa dengan mudah dilakukan di rumah tanpa. Melansir dari laman How To Know, terdapat beberapa langkah yang bisa Sahabat Fimela ikuti untuk merawat dan menyimpan tas- tas kesayangan dengan tepat. Berikut langkah menyimpan tas yang tepat.

Langkah 1: Bersihkan Tas Sebelum Disimpan

5 Langkah Menyimpan Tas yang Tepat Sehingga Tampilannya Terjaga dan Tahan Lama
Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan menyimpan tas adalah membersihkan tas dari kotoran dan noda.(Copyright foto: Pexels.com/Ron Lach)

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan menyimpan tas adalah segera bersihkan tas jika terkena kotoran ataupun noda. Karena, tidak ada gunanya tindakan pencegahan dan penyimpanan tas jika tas dalam kondisi kotor.  Segera bersihkan tumpahan dan kotoran dari tas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan tas. Ingatlah bahwa ada alat pembersih khusus yang dapat digunakan untuk tas bahan suede dan tas kulit. Untuk tas kulit, sebaiknya gunakan kain yang kering dan lembut.

Alternatif lain, beberapa ahli merekomendasikan untuk menggunakan tisu bayi non-alkohol dan bebas pewangi. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam tas untuk memastikan tas tersimpan dalam keadaan bersih dan tersimpan dengan benar. Bersihkan tas setiap seminggu sekali.

Langkah 2: Gunakan Bag Organizer dan Pouch

5 Langkah Menyimpan Tas yang Tepat Sehingga Tampilannya Terjaga dan Tahan Lama
Ilustrasi penggunaan pouch untuk simpan bendal-benda seperti pulpen atau kosmetik untuk menghindari noda yang bisa disebabkan di dalam tas. (Copyright foto: Pexels.com/Jhong Pascua)

Beberapa tas memiliki kantong kecil yang memudahkan penyimpanan untuk barang-barang kecil, seperti lipstik dan pulpen. Benda-benda ini tidak jarang meninggalkan noda pada tas yang sulit dihilangkan. Oleh karena itu, lebih baik menyimpan barang-barang ini dalam satu tas organizer atau pouch tersendiri sehingga melindungi lapisan dalam tas.

Langkah 3: Jaga Bentuk Tas

Terkadang ketika tas disimpan terlalu lama, bentuknya yang semula persegi tajam berubah jadi melekuk ketika disimpan. Karena itu, untuk menjaga tas tetap pada tampilan maksimalnya, sebelum menyimpan tas isilah dengan sisa-sisa kain, handuk, atau kertas tisu bebas asam. Jangan gunakan koran untuk memenuhi tas karena tintanya kemungkinan akan mudah luntur.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu disarankan untuk menghindari bungkus gelembung untuk mengisi tas karena kepadatan bungkus gelembung menghalangi sirkulasi udara dan dapat mengatur kondisi jamur dan lumut, terutama jika Sahabat Fimela tinggal di lingkungan yang lembap.

Langkah 4: Jangan Simpan Tas Diruang Terbuka dan Cahaya

5 Langkah Menyimpan Tas yang Tepat Sehingga Tampilannya Terjaga dan Tahan Lama
Simpan tas dengan mengatur jarak antar tas agar tidak saling berdekatan dan diposisikan dalam keadaan tegak di dalam lemari. (Copyright foto: Pexels.com/Rachel Claire)

Dikutip dari Byrdie.com, Co-founder dan chief visioner officer Hobo Koren Ray memiliki solusi penyimpanan yang menjaga tas dari cahaya, yaitu menggunakan dust bag. Biasanya ketika membeli tas, biasanya tas akan langsung dilengkapi dengan dust bag. Jika tidak, Sahabat Fimela bisa menggunakan sarung bantal berbahan katun.

Langkah 5: Jangan Gantung Tas

Dilansir dari Realiving.com.ph, sebaiknya jangan gantung tas karena bisa merusak pegangan atau tali tas tersebut. Disarankan menyimpan tas di bidang datar atau dalam lemari. Sahabat Fimela juga harus mengatur jarak antar tas agar tidak saling berdekatan dan diposisikan dalam keadaan tegak di dalam lemari. Tujuannya adalah untuk mempertahankan bentuk sempurna tas.

Saat menyimpan tas, hindari menempatkan tas di bawah sinar matahari langsung karena ini akan merusak bahan dan menyebabkan tas pudar dan retak. Sebaiknya pilih lemari yang gelap dan kering. Hindari menyimpan tas kulit di lingkungan dengan kelembapan tinggi karena kelembapan dapat menyebabkan pengelupasan serta jamur.

*Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela