Sukses

Fashion

Membanggakan, Klamby Jadi Lokal Modest Fashion Brand Indonesia Pertama di London Fashion Week 2022

Fimela.com, Jakarta Suatu pencapaian besar bagi industri fashion tanah air bahwa Klamby berhasil menjadi lokal modest fashion brand pertama dari Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam ajang peragaan busana internasional di London Fashion Week 2022 yang di organisir oleh British Fashion Council pada hari Selasa, 20 September 2022. Dalam pencapaian dan kesuksesan besar ini, Klamby didukung oleh banyak pihak seperti Tokopedia, Wardah, & Epson Indonesia.

Tokopedia, yang menjadi sponsor utama dalam acara ini, telah setia mendukung acara-acara Klamby sejak Klamby bergabung dengan Tokopedia 2 tahun lalu. Begitu pula Wardah yang senantiasa berkolaborasi dengan Klamby untuk mempercantik peragawati yang akan berlenggok di catwalk dengan menjadi official beauty partner. Selain itu tidak lupa juga Klamby mendapat dukungan penuh dari pemerintahan Indonesia seperti Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London untuk mengharumkan tanah air Indonesia di kancah internasional.

Klamby telah mempersiapkan sebuah koleksi khusus untuk dipersembahkan di dalam acara ini. pilihan busana yang istimewa dengan sentuhan motif modern dan warna playful melalui koleksi Spring / Summer 2023 bertemakan “The Tudor Rose”. Nama koleksi ini diambil dari bunga favorite dari Ratu Elizabeth II, selain itu Tudor Rose merupakan bunga Nasional Inggris dalam sejarah War of the Roses. Pemilihan nama koleksi Klamby kali ini sekaligus dalam rangka mengenang kepergian Ratu Elizabeth II pada hari Kamis, 8 September 2022 kemarin.

Mengangkat Tenun Garut

Koleksi The Tudor Rose ini terinspirasi dari salah satu wastra nusantara yang menarik perhatian karena tampilannya yang terlihat berbeda dibandingkan dengan wastra lain yang sudah familiar di masyarakat, wastra tersebut adalah Tenun Bulu Sutera Garut. Teksturnya yang menarik, ragam hias yang bervariasi, serta warna yang beragam menambah daya tarik dari selembar wastra Tenun Bulu Sutera Garut yang ditenun dengan benang sutera menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Dari situlah kemudian muncul inspirasi untuk mengeksplorasi tekstur, sejarah, dan ragam hias yang ada dalam selembar wastra yang mengalami banyak revolusi perubahan zaman dan teknologi.

Motif flora utama yang banyak digunakan dalam tenun garut ialah puspa (melati). Dari ragam hias bunga yang dipakai, Klamby memperluas eksplorasi visual puspa (melati) menjadi gambaran Indonesia secara umum. Selain itu juga ada beberapa flora identitas provinsi yakni magnolia, kenanga, sedap malam, anggrek hitam, begonia, sirih, dan nagasari. Seluruh koleksi Klamby pada fashion show kali ini didukung oleh Epson Indonesia sebagai merek printer tersohor dalam dunia fashion.

“Tentunya sangat bangga sekali atas pengakuan terhadap modest fashion di kancah internasional seperti London Fashion Week 2022, Keberhasilan Klamby ini bukan kesuksesan sendiri semata namun ini adalah kesuksesan besar bagi industri fashion tanah air Indonesia. Aku mewakili tim Klamby ingin berterima kasih atas semua dukungan dari semua yang pihak yang terlibat di acara ini” Ujar Nadine Gaus, selaku Founder dari Klamby.

 

48 Busana dengan sentuhan wastra nusantara

Koleksi The Tudor Rose dihadirkan dalam 48 pilihan busana dengan desain yang memiliki sentuhan wastra tradisional indonesia dalam variasi warna classic neutral hingga bold. “Dalam 48 koleksi busana special kali ini, Kami menggunakan berbagai jenis bahan yang proses pengembangannya melalui beberapa tahapan teknik eksplorasi tekstil seperti laser cut, bordir, dan beading. Teknik-teknik tersebut diaplikasikan guna menciptakan tekstur dan detail di atas kain. Tingginya nilai craftsmanship yang ada dalam koleksi ini, membuat koleksi LFW lebih eksklusif dengan pilihan warna-warna yang menyesuaikan tren. Dan yang ingin aku tambahkan juga Klamby adalah brand yang mengusung Diversity dan Inclusivity dalam setiap koleksinya “ tutup Nadine Gaus

Klamby juga telah menggaet tiga public figure Indonesia yang akan menghadiri ke acara London Fashion Week 2022 yaitu Raisa, Patricia Gouw dan Tantri Namirah. Ketiga wanita berprestasi ini dipilih oleh Klamby karena menggambarkan kecantikan perempuan Indonesia dari beragam ras, suku, agama dan juga budaya.

Selain itu, Klamby juga akan membawa media internasional, Harper’s Bazaar Indonesia, sebagai official media partner yang akan mendukung penyiaran berita bersejarah dalam perindustrian fashion tanah air, dimana Klamby menjadi local modest fashion brand pertama Indonesia yang akan berjalan di London Fashion Week 2022.

Pertunjukan fashion show Klamby Spring / Summer 2023 ini juga bisa di saksikan live eksklusif di website www.harpersbazaar.co.id pada hari Selasa, 20 September 2022 (21.00 BST) dan Rabu, 21 September 2022 (Pukul 10.00 WIB). Nantinya, koleksi The Tudor Rose akan secara eksklusif dijual di Tokopedia untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam menemukan dan memakai produk modest lokal.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading