Ikuti Tradisi Kerajaan, Kate Middleton Kenakan Mutiara Sebagai Tanda Kedukaan Meninggalnya Ratu Elizebeth II

Vinsensia Dianawanti13 Sep 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 11:00 WIB
Ikuti Tradisi Kerajaan, Kate Middleton Kenakan Mutiara Sebagai Tanda Kedukaan Meninggalnya Ratu Elizebeth II

Fimela.com, Jakarta Kehadiran Kate Middleton menjadi salah satu yang ditunggu setelah Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) di Kastil Balmoral. Kate Middleton pun akhirnya muncul pertama kali saat dirinya dalam perjalanan sore melalui Windsor.

Kate Middleton terlihat mengenakan jumper hitam, kacamata hitam, dan anting mutara mungil yang membingkai wajahnya. Sebelumnya, Kate Middletont terlihat mengenakan gelang mutiara 18 karat pada berbagai acara khusus, termasuk foto resmi pertama Pangeran George.

Hari ini, Kate Middleton kembali mengenakan anting-anting mutiara rancangan desainer Inggris, Annoushka Ducas, sebagai bentuk penghargaan yang menyentuh untuk mendiang Ratu Elizabeth II.

Dalam tradisi Kerajaan Inggris, mutiara sering disebut sebagai perhiasan kedukaan. Tradisi ini sejak berlangsunng sejak Ratu Victoria.

 

Deretan perempuan kerajaan yang kenakan mutiara

Ikuti Tradisi Kerajaan, Kate Middleton Kenakan Mutiara Sebagai Tanda Kedukaan Meninggalnya Ratu Elizebeth II
Melihat Kate Middleton mengenakan mutiara sepanjang momen berkabung meninggalnya Ratu Elizabeth II (instagram/delight.fulmoment)

Setelah kematian suami Ratu Victoria, Pangeran Albert, sang eatu memeringatinya dengan mengenakan pakaian hitam selama 40 tahun. Selain itu ia mengenakan aksesri dengan perhiasan hitam atau tidak berwarna, termasuk mutiara.

Mengutip dari The Telegraph, mutiara dianggap mewakili air mata ia memakai untaian itu selama hidupnya. Mutiara juga dikenakan oleh para perempuan saat menghadiri pemakaman selama bertahun-tahun.

Bahkan Putri Diana terlihat mengenakan seuntai mutiara di pemakaman desainer Gianni Versace pada 1997. Ratu Elizabeth II juga mengenakan mutiara di pemakaman Putri Diana, Putri Margaret, dan Raja George VI. Ratu Elizabeth II dan Kate Middleton kompak mengenakan mutiara saat pemakaman Pangeran Philip tahun lalu.

 

Tanda kedukaan dalam tradisi Kerajaan Inggris

Selain menandakan kesedihan, mutiara dikenakan oleh para perempuan kerajaan untuk mewakili kesopanan. Bahkan sang Ratu jarang terlihat tanpa kalung mutiara khas dan memiliki koleksi perhiasan mutiara yang cukup banyak, mulai dari tiga hingga enam helai.

"Mutiara adalah tradisi Ratu sejak seribu tahun yang lalu - tidak pernah ada Ratu yang tidak memakai mutiara," kata Leslie Field, penulis The Queen's Jewels, kepada People.

"Mereka langka, indah dan berkilau dan semakin Anda memakainya, semakin berkilau mereka."

Menurut Field, Ratu Elizabeth II ingin memakai mutiara setiap hari seperti yang dilakukan ibu dan neneknya sebelumnya. Ia disebut tidak akan memakai kalung berlian untuk pergi makan siang. Kecintaan Ratu terhadap mutiara dimulai sejak awal hidupnya dan akan terus diturunkan dari generasi ke generasi perempuan kerajaan yang akan datang.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela