Sukses

Fashion

Melihat Keindahan Gorontalo dalam Rupa Sulaman Karawo di Indonesia Fashion Week 2023

Fimela.com, Jakarta Indonesia Fashion Week akan kembali digelar di 2023 pada Februari mendatang. Pekan mode yang diselenggarakan Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia atau APPMI ini mengangkaat tema baru di gelaran IFW 2023.

Adalah Sagara dari Timur yang menjadi tema pilihan APPMI untuk memperkenalkan uniknya sulam Karawo dan pariwisata Gorontalo lewat fashion.

"Melalui dukungan dan kerjasama kali ini, kami berkesempatan untuk membantu pemerintah provinsi Gorontalo untuk mengembangkan potensi sulam karawo ke pasar nasional dan juga internasional," kata Poppy Dharsono selaku Ketua umum APPMI dan Presiden IFW.

Diangkatnya sulam Karawo di IFW kali ini memberikan peluang bagi pariwisata Gorontalo juga ikut tersorot. Menurut Poppy, pemerintah Provinsi Gorontalo memberi kesempatan kepada IFW untuk merealisasikan visi dan misi asosiasi untuk terus mengokohkan IFW sebagai alat promosi, peningkatan kualitas produk, juga perluasan pasar dari produk unggulan dari daerah.

 

Pembinaan desainer dan pengrajin

Setiap desainer yang terlibat akan menampilkan koleksi terbaik dengan sentuhan budaya Gorontalo. Rangkaian pembinaan untuk meningkatkan nilai jual produk dari sulam Karawo dilakukan tidak hanya bagi para desainer. Melainkan juga para pengrajin sulam Karawo yang ada di Gorontalo.

"Ini cara yang baik untuk memperkenalkan wastra asal Gorontalo kepada pelaku usaha fesyen muda di Tanah Air. Melalui eksposur di IFW, kesadaran masyarakat akan kain karawo pun dapat ditingkatkan," tambah Poppy.

Sulam karawo sendiri merupakan sulaman yang sudah ada sejak zaman penjajahan belanda yang dibawa. Sulaman ini merupakan sulaman yang dibuat dengan 4 tahapan. Mulai dari penggambaran, kemudian dipotong dan diiris, lalu dicabut benangnya, dan terakhir disulam. Proses ini memakan waktu cukup lama, sehingga biayanya cukup tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading