Sukses

FimelaHood

Mari Belanja Kebaikan di Festival Relawan 2018

Fimela.com, Jakarta Berbuat baik bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, termasuk dengan menjadi relawan. Jika masih bingung, maka silahkan langsung datang ke Festival Relawan 2018 yang akan diselenggarakan di Gandaria City pada 1 Desember 2018 mendatang. Mengambil tema “Ambil Peran Jadi Relawan”, Festival Relawan kali ini mencoba untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

“Festival Relawan 2018 ini paling beda, karena kolaborasi antara organisasi lebih besar. Tujuannya ngasih lihat seberapa besar kita jika menjadi satu. Di sini kamu bisa melihat bagaimana teman yang punya keinterestan masing-masing. Di sini bisa belanja organisasi mana yang bisa diikutin, apa yang bisa dilakuin pada 2019,” jelas Koordinator Tim Aksi Baik, Maritta C. Rastuti saat jumpa pers di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Dengan adanya Festival Relawan 2018 kali ini juga diharapkan dapat mengembalikan semangat gotong royong masyarakat Indonesia, terutama anak muda, sekaligus memberikan apresiasi kepada relawan dan komunitas yang terlibat untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik. “Miris kalau melihat anak muda tidak peduli terhadap sekelilingnya. Saya rasa mereka akan bisa lebih peduli dengan sekitarnya setelah menjadi relawan. Selain itu, menjadi relawan sekarang nggak seharusnya menjadi hal yang memalukan, tapi justru jadi lifestyle anak muda masa kini,” tambah Maritta.

Di Festival Relawan 2018 nantinya akan ada banyak komunitas yang memiliki visi yang sama, yakni membuat Indonesia menjadi lebih baik. Nggak heran kalau banyak yang mengatakan bahwa festival tersebut menjadi tempat berbelanja, tempat di mana para pengunjung khususnya para anak muda bisa memilih di komunitas atau organisasi manakah ia akan bergabung dan berbuat kebaikan.

Hal tersebutlah yang juga dilakukan oleh aktor Morgan Oey. Hadir dalam acara jumpa pers Festival Relawan 2018, Morgan menceritakan bagaimana ia selama beberapa tahun ini menjadi ambassador Indorelawan. “Sejak kecil kegiatan sosial yang saya lakukan hanya lewat dana doank. Setelah bergabung di sini, saya bisa terjun langsung dengan melakukan berbagai kegiatan sosial, termasuk dengan membuat sebuah kampanye ’10 Jam Aksi Baik’,” terang Morgan Oey.

Cara Sederhana untuk Mengajak Seseorang Berbuat Baik

Mungkin banyak orang yang akan bertanya,”Ngapain sih jadi relawan?” dan pertanyaan tersebut juga sempat menghampiri Maritta yang telah empat tahun bergabung dengan Indorelawan. “Menjadi relawan itu memang tidak dapat dipaksakan. Kita selalu bilang berbuat baik itu gampang, tapi jangan hanya dimulut, tapi mulailah untuk melakukan aksi baik tersebut dari hal-hal yang sederhana aja,” jelas Maritta.

Morgan oey menambahkan, menurutnya setiap orang memang memiliki caranya masing-masing untuk berbuat baik dan di Festival Relawan 2018 ini kita diberikan kesempatan untuk berbelanja dan menemukan “tempat” mana yang memiliki visi dan misi kebaikan paling sama dengan kita.

“Pertama kali ikut Festival Relawan itu benar-benar membuka mata saya. Saya jadi melihat banyak hal. Saya pernah bertemu dengan anak-anak di Komunitas Taufan, komunitas pasien kanker anak, mereka memiliki semangat hidup yang luar biasa dan tentunya itu memberikan semangat buat saya juga,” jelas Morgan oey.

Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi menjelaskan ada beberapa cara untuk mengajak seseorang berbuat baik. “Untuk mencari apa yang bisa menjadi ‘api’ dalam diri kita itu itu pertanyaannya cuma dua, cari apa yang kita cintai dan cari apa yang bikin kita marah. Bantuin teman kita untuk menyalakan api dalam dirinya,” terang Ayu.

Festival Relawan sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 sebagai bentuk apresiasi bagi para relawan di Indonesia, yang juga bertepatan dengan Hari Relawan Internasional (5 Desember) dan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (26 Desember).

Kegiatan puncak Festival Relawan yang diselenggarakan di Gandaria City pada 1 Desember akan diisi dengan tujuh panel diskusi yang terdiri dari beberapa topik utama, seperti pendidikan, toleransi, politik, kesehatan, anak muda, influencer, dan inovasi untuk kebaikan. Selain Morgan Oey, acara tersebut juga akan dihadiri oleh Najeela Shihab, Pangeran Siahaan, FaisalBasri, Cameo Project, Trivet Sambel, dan lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading