Bandung Beauty Vlogger, Dedikasi Untuk Beauty Enthusiasts di Kota Kembang

Cica16 Okt 2019, 08:00 WIB
[FIMELA] Bandung Beauty Vlogger, Dedikasi Untuk Beauty Enthusiasts di Kota Kembang

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang bisa diangkat dari Kota Kembang, Bandung. Mulai dari kuliner, seni, pendidikan, dan lain sebagainya. Tak terkecuali komunitas kreatif di dalamnya. Salah satu komunitas kreatif yang ada di Bandung adalah Bandung Beauty Vlogger. Diinisiasi oleh Zena Caramel, komunitas tersebut dibuat sebagai wadah bagi penggemar dunia kecantikan di Bandung.

"Bandung Beauty Vlogger adalah sebuah komunitas yang didedikasikan sebagai wadah untuk para beauty enthusiast yg ada di Bandung, jadi kita bisa lebih mengenal satu sama lain dan bisa dijadikan tempat untuk sharing seputar beauty dan hal lain apabila bisa saling membantu. Sebab, menurut aku, kebanyakan acara beauty diadakan Jakarta, jadi kami pengin meramaikan juga di Kota Bandung biar lebih greget dan kompak aja gitu hehe," ungkap Zena menceritakan soal komunitas garapannya ini.

Dibentuk 7 Desember 2018, Zena mengungkapkan latar belakang terbentuknya Bandung Beauty Vlogger. "Awalnya karena aku masih di Bandung ini masih sendiri-sendiri, seperti belum punya wadah gitu, aku pun kalau ada acara pasti ke Jakarta sendirian nggak ada teman dan aku terpikir buat bikin Komunitas ini supaya ada temen juga kalau ada acara," imbuhnya.

Tak sekadar menjadi wadah berkumpul dan saling 'memamerkan' makeup. Lebih dari itu, Bandung Beauty Vlogger juga menjadi wadah bertukar pengetahuan tentang kecantikan lebih dalam lagi.

[FIMELA] Bandung Beauty Vlogger, Dedikasi Untuk Beauty Enthusiasts di Kota Kembang
Zana Caramel. (Sumber foto: Zena Caramel/Bandung Beauty Vlogger)

"Kami lebih concern ke seputar beauty and lifestyle, supaya wanita2 diluar sana juga lebih aware ke permasalahan tentang beauty and lifestyle. Seperti contoh misalnya kita kasih info seputar cara menghilangkan jerawat dengan cara aman seperti masker berapa kali seminggu dan bahan apa saja yang tidak boleh terkandung di skin care untuk kulit yang berjerawat, karena sensitifitas kulit seseorang itu berbeda-beda, ada yang sensitif karna kandungan tertentu di dalam suatu produk, maka penting banget untuk memahami komposisi apa saja yang terkandung di dalam suatu produk," jelas Zena.

Seperti komunitas pada umumnya, Bandung Beauty Vlogger memiliki kegiatan yang melibatkan 68 anggotanya. "Kegiatannya sih lumayan banyak, yang utama biasanya endorsement melalui komunitas yang disampaikan kepada member-member terpilih, aku nggak sembarangan pilih anggota untuk endorsement, karena endorsement ini membawa nama komunitas, aku khawatir kurang maksimal kerja samanya," ujar Zena.

[FIMELA] Bandung Beauty Vlogger, Dedikasi Untuk Beauty Enthusiasts di Kota Kembang
Bandung Beauty Vlogger. (Sumber foto: https://www.instagram.com/bandungbeautyvlogger/)

"Untuk offline, kami sering bertemu di acara-acara undangan dari brand dan kalau untuk acara kami sendiri sih nggak terlalu sering ketemu, paling kalau ada hari-hari besar seperti bukber," tambah perempuan 23 tahun ini.

Namun, untuk Sahabat Fimela yang ingin bergabung dengan Bandung Beauty Vlogger, tampaknya harus sedikit bersabar. Sebab, untuk saat ini, mereka sedang tidak membuka pendaftaran bagi anggota baru. "untuk saat ini masih close reqruitment, mungkin setelah ulang tahun pertama, kami akan mulai perekrutan anggota kembali. Untuk syaratnya, yang pasti beauty enthusiast dan melakukan vlogging tentang beauty and lifestyle, dan aktif unggah konten," kata perempuan berdarah Mesir dan India ini.

Banyaknya komunitas serupa, ternyata menjadi tantangan tersendiri bagi Bandung Beauty Vlogger. Menurut Zena, dirinya tertantang dalam hal mempertahankan eksistensi komunitas buatannya tersebut. "Tantangan dalam menjalankan komunitas ini karna banyak banget komunitas beauty jadi kita harus lebih ekstra membuat komunitas tetap aktif, agar keberadaan kita dianggap dan diakui oleh brand dan audience," kata Zena.

[FIMELA] Bandung Beauty Vlogger, Dedikasi Untuk Beauty Enthusiasts di Kota Kembang
Bandung Beauty Vlogger. (Sumber foto: https://www.instagram.com/bandungbeautyvlogger/)

Usaha Zena untuk mempertahankan eksistensi Bandung Beauty Vlogger rupanya tidak sia-sia. Dara yang juga aktif sebagai model ini mengatakan bahwa ada banyak brand yang mendukung acara first gathering Bandung Beauty Vlogger pada Juni 2019 lalu.

"First gathering Bandung Beauty Vlogger pada tanggal 23 Juni 2019 adalah pertama yang kami bikin dengan sponsor banyak banget, bisa dilihat di Instagram @bandungbeautyvlogger," kenang perempuan yang sedang mempersiapkan usaha salon kecantikan ini.

Di akhir pembicaraan, Zena juga mengungkapkan rencana Bandung Beauty Vlogger. "Cita-cita jangka pendek kami bikin beauty class, cuman belum sempat karena sekarang kami lagi fokus pengin bikin acara yang nggak kalah spektakuker dari first gathering kemarin hehe," jawab Zena.

Zena juga berharap agar Bandung Beauty Vlogger terus berkembang. "Aku berharap Bandung Beauty Vlogger masih eksis dan terus berkembang karna masih banyak juga wanita-wanita di luar sana yang belum mengerti cara merawat wajah, tapi bukan berarti kami paling jago, sih, dan semoga kami para vlogger menyampaikan konten-konten yang bermanfaat buat para wanita di luar sana," tandas Zena.