Komunitas Ruang: Mencoba untuk Memperbaiki Kualitas Pendidikan di Indonesia

Gadis Abdul04 Apr 2020, 08:20 WIB
Komunitas Ruang: Mencoba untuk Memperbaiki Kualitas Pendidikan di Indonesia

Fimela.com, Jakarta “Aku merasa kualitas pendidikan yang rendah akan membawa dampak buruk nyata bagi kehidupan secara umum pada akhirnya.” Itulah jawaban dari Larandja Sendja saat ditanya apa yang melatar belakangi terbentuknya Komunitas Ruang. Didirikan sejak 25 November 2018, Komunitas Ruang adalah organisasi nonprofit yang bergerak di bidang pendidikan.

Awalnya Randja—sapaan akrab Larandja Sendja, pendiri Komunitas Ruang memang berniat untuk memperbaiki pendidikan yang ada di lingkungan sekitarnya, dan hal tersebut ternyata sudah ia lakukan sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.

“Tujuan dari Komunitas Ruang berdiri yaitu untuk mewujudkan generasi bangsa Indonesia yang berpendidikan dan bertanggung jawab, serta dapat memberikan pembelajaran dan pembentukan generasi bangsa lewat usaha program-program pendidikan,” jelas Randja kepada Fimela.com.

Komunitas Ruang: Mencoba untuk Memperbaiki Kualitas Pendidikan di Indonesia
Komunitas Ruang.

Untuk mewujudkan tujuan dari Komunitas Ruang tersebut banyak program yang dibuat, seperti program edukasi yang diselenggarakan secara virtual maupun tatap muka, baik secara temporer maupun berkesinambungan tanpa batas waktu.

Diantara program Komunitas Ruang secara virtual adalah grup belajar khusus calon mahasiswa, grup desain, grup bahasa inggris, grup fisika, grup ekonomi, sosialisasi NAPZA, kelas menulis puisi daring, dan sebagainya. Program tatap muka seperti kelas sains bagi anak-anak/remaja, study tour, sosialisasi dan donasi buku.

Hingga kini komunitas yang beranggotakan 100 orang tersebut pun masih rutin melakukan berbagai kegiatan yang mengedukasi masyarakat. “Kegiatan rutinnya adalah grup-grup yang bertema bidang ilmu pengetahuan, seperti grup fisika, kimia, biologi, sosiologi, sejarah, ekonomi, geografi, bahasa Inggris, bahasa Indonesia,” ungkap Randja.

Komunitas Ruang: Mencoba untuk Memperbaiki Kualitas Pendidikan di Indonesia
Komunitas Ruang.

Komunitas Ruang juga memiliki grup khusus persiapan seleksi masuk perguruan tinggi, grup diskusi daring, grup sosialisasi daring, grup dan kegiatan tatap muka seperti kelas sains. Dari berbagai kegiatan rutin yang dibuat tentunya Randja dan teman-temannya di Komunitas Ruang memiliki sebuah harapan yang ingin dicapai.

“Harapannya Komunitas Ruang bisa membentuk karakter generasi bangsa Indonesia menjadi pribadi yang cerdas, berakhlak mulia, berguna bagi orang lain, dan membawa kebaikan untuk lingkungannya,” tegas Randja. Ingin bergabung dengan Komunitas Ruang? “Caranya dengan daftar relawan atau daftar peserta di Instagram, WA, Telegram, atau di Indorelawan,” pungkas Larandja Sendja.