Grinain ID, Komunitas Penyulap Jeans Bekas Jadi Berkelas

Cica18 Mei 2020, 13:14 WIB
[FIMELA] Grinain ID, Komunitas Penyulap Jeans Bekas Jadi Berkelas

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini, isu lingkungan semakin santer terdengar. Sebut saja sampah plastik sekali pakai, sampah makanan, hingga limbah fesyen, yang belakangan kembali digaungkan. Dari isu-isu tersebut, kini banyak juga bermunculan individu dan kelompok kreatif yang membantu menanggulangi isu lingkungan tersebut. Salah satunya yakni dengan tindakan daur ulang seperti yang dilakukan oleh Komunitas Grinain ID.

bacajuga:Baca Juga](4252038 4254044 4253141)

Berdiri sejak September 2018, Grinain hadir menjadi wadah yang fokus di bidang isu lingkungan. Selain itu, Grinain juga menjadi rurang edukasi dalam upaya memanfaatkan barang bekas. "Grinain sebagai ruang untuk edukasi dalam memanfaatkan barang bekas dengan cara yang kreatif dan menyenangkan yang mengajak generasi muda untuk turut ikut aktif berwirausaha sekaligus mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan," jelas perempuan berkerudung yang akrab disapa Rina ini.

"Selain itu, Grinain mempunyai brand fashion upcycle "Grinain Jeans" yang menyelamatkan jeans bekas tidak terpakai dan diubah menjadi produk fashion seperti tas maupun pouch," imbuhnya.

[FIMELA] Grinain
Rina, inisiator Grinain ID. (Sumber foto: Dokumen pribadi/Grinain ID)

Dengan didirikannya komunitas ini, Rina ingin memotivasi masyarakat untuk menciptakan gaya hidup ramah lingkungan dan peduli dengan sosial. Salah satu caranya yakni dengan mengadakan talkshow dan workshop.

"Kami memiliki misi mendorong masyarakat untuk menciptakan gaya hidup yang ramah lingkungan dan peduli sosial. Grinain juga membuka kelas kreatif kepada siapa saja berupa talkshow dan workshop upcycle jeans bekas. Selama perjalanannya hingga sekarang, Grinain mengadakan campaign dan event kreatif terkait isu lingkungan di daerah Jakarta," ujar Rina.

Pemilihan jeans sendiri bukan tanpa alasan, menurut Rina jeans merupakan salah satu fashion item populer. "Jeans merupakan fashion yang paling populer, jadi kami fokus pada kain jeans dulu," ujar mahasiswa Universitas Bakrie ini.

Ilustrasi Celana Jeans
Ilustrasi Celana Jeans (iStockphoto)​

Soal keanggotaan, Grinain tidak mematok syarat khusus. Menurut Rina, siapa pun bisa daftar dan gabung "Bisa mendaftarkan diri untuk gabung dengan komunitas yang berbasis di Jakarta ini. Siapapun boleh banget join, gak ada syarat apapun, kok," kata perempuan kelahiran 1998 ini.

Di akhir perbincangan, tak lupa, Rina memberikan sedikit tips untuk bisa berkreasi dengan jeans bekas. "Make things creative whatever you want hihi, bisa cari di Google maupun Youtube kalau bingung mau buat apa, jangan ragu untuk mulai berkreasi menggunakan barang yang tak terpakai seperti jeans bekas," tandas Rina.

Oiya, Grinain juga menerima jeans bekas untuk didaur ulang oleh mereka, lho. Hubungi melalui email grinain.id@gmail.com atau Instagram @grinain untuk info lebih lanjut.