Perjalanan Uly Novita, dari Ikut Lomba Hingga Jadi Beauty Content Creator

Cica20 Sep 2020, 11:02 WIB
Diperbarui 20 Sep 2020, 18:19 WIB
[FIMELA] Perjalanan Uly Novita, dari Ikut Kuis Hingga Jadi Beauty Content Creator

Fimela.com, Jakarta Keberadaan media sosial tak lepas dari kehadiran content creator yang menghiasinya. Berbagai content creator dari berbagai bidang kini berbondong-bondong untuk menggunakan media sosial untuk memperluas jaringan. Salah satunya adalah Uly Novita, beauty content creator yang akan mengisi acara Fimelahood From Home x Socia.ety pada 23 September 2020 mendatang.

Kehadiran Uly Novita di dunia kecantikan, khususnya art makeup bukan suatu yang instan. Terlepas dari bakat yang dimilikinya, Uly berjuang untuk membangun bakatnya itu jadi suatu yang menghasilkan impact bagi orang lain. Keputusannya mengikuti lomba makeup karakter rupanya membuka peluang Uly di dunia content creator.

"Dimulai dari cerita sedih ketika aku nggak dapet kerjaan sama sekali, kebetulan aku sudah lama menjadi freelancer, di saat itu papa juga baru aja meninggal, yang awalnya aku seorang wedding singer dan model, tiba-tiba job sepi," kenang Uly saat dihubungi lewat online oleh Fimela.com, Sabtu (19/9).

[FIMELA] Perjalanan Uly Novita, dari Ikut Kuis Hingga Jadi Beauty Content Creator
Uly Novita Siahaan, beauty content creator yang akan mengisi Fimelaood From Home x Sociaety. (Sumber foto: Instagram.com/ulynovita)

"One day, aku nggak tau mau ngapain lagi, aku teringat face painting yang dibelikan oleh Mama belum pernah aku buka sama sekali, dari situlah aku menyalurkan frustasi aku dengan menggambar di wajah, tapi saat aku upload di Instagram, like-nya banyak, dan ketagihan. Waktu itu juga banyak banget lomba art makeup, dan aku ikut terus dan menang terus, awalnya sih dari situ," imbuh Uly.

Terbukti, kedisplinan Uly membuat konten art makeup rupanya membuat pengikutnya semakin bertambah di media sosial dan dikenal oleh banyak orang. Kepiawaiannya merias wajah diakui Uly ia dapat secara otodidak. Ia tidak pernah kursus atau belajar makeup secara khusus sebelumnya.

"Kalau sekolah makeup nggak pernah, kalau les gambar pernah sekitar satu atau dua tahun, kuliah juga kebetulan jurusan DKV, tapi buat aku itu nggak ngaruh, sih. Memang bakat dari Tuhan kalau bisa gambar," ujar perempuan kelahiran 1991 ini.

[FIMELA] Perjalanan Uly Novita, dari Ikut Kuis Hingga Jadi Beauty Content Creator
Uly Novita Siahaan, beauty content creator yang akan mengisi Fimelaood From Home x Sociaety. (Sumber foto: Instagram.com/ulynovita)

Menurut perempuan yang mengidolakan Najwa Shihab ini, menjadi beauty content creator tidak semudah yang orang-orang bayangkan. Menjadi seorang content creator tidak sekadar urusan terima barang endorse-an. Lebih dari itu, ada banyak hal yang harus dipikirkan untuk bisa bertahan. Menjaga kualitas konten adalah salah satunya.

"Nilai yang harus dimiliki seorang content creator menurutku ketahanan mental dan fisik, dan selalu berinovasi untuk memberi sesuatu yang baru," kata perempuan yang pernah ikut audisi Rising Star Indonesia 2016 lalu ini.

Selain itu, ketatnya persaingan di dunia kecantikan, keunikan dan ciri khas adalah dua hal yang menurut Uly harus dimiliki oleh beauty content creator. "Doa kepada Tuhan, minta ide ke Tuhan, berusaha percaya diri, konsisten, kerja keras itu pasti bisa bikin kita bertahan, untuk hasil kita serahkan ke Tuhan, jadi menurut aku, keep making something new, never stop learning, selalu brainstorming, belajar konsisten untuk menjaga kualitas konten," tambah pemilik nama lengkap Uly Novita Andrian Siahaan.

Wah inspiratif sekali, ya? Lebih lanjut, Uly akan berbagi kisah inspiratif lainnya di Fimelahood From Home x Socia.ety pada Rabu (23/9). So, buat yang belum daftar, yuk, segera daftar sekarang juga di sini! Oiya, Uly tidak sendiri, ada Amelia Ayu Kinanti dan Jaqueline Susanto yang akan mengisi acara tersebut.

"Aku senang sharing, ngobrol, buat aku, aku bisa lebih termotivasi dengan berbagi, kalau sharing itu bisa membantu orang lain, kenapa tidak? Apalagi selama pandemi ini aku lihat banyak teman-teman kesusahan, dan aku pernah berada di titik itu," tandas Uly.