Strong Sisters Indonesia Bantu Permasalahan Kesehatan Perempuan Lewat Sahabat Nita

Febriyani Frisca01 Mar 2021, 14:39 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 14:39 WIB
[FIMELA] Strong Sister Indonesia

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia, khususnya Jakarta, banyak terdapat komunitas olahraga bagi para perempuan healthy enthusiast. Salah satunya adalah Strong Sisters Indonesia. Dibentuk oleh Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia, Strong Sisters Indonesia ingin memiliki memiliki visi untuk mewujudkan perempuan Indonesia yang bugar, percaya diri dan merdeka dalam memutuskan apa yang terbaik untuk dirinya sendiri.

Memiliki tagline "Empowering Women Through Fitness", komunitas yang dibentuk pada November 2018 ini mencoba mengedukasi perempuan tentang pentingnya kebugaran terhadap kualitas kehidupan lewat media sosial. Secara rutin, Strong Sisters Indonesia membahas topik-topik tentang kesehatan secara umum maupun khusus.

Ada juga video tutorial olahraga melalui youtube channel dan acara lokakarya (workshop) yang diselenggarakan baik secara daring maupun luring. Melalui kegiatan tersebut, Strong Sisters Indonesia tidak hanya ingin menjadi support system sesama perempuan dalam hal kesehatan, tetapi juga bertujuan untuk memenuhi beragamnya kebutuhan dan permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh perempuan.

Mencegah Obesitas dan Pola Hidup Sehat
Ilustrasi Berolahraga Credit: unsplash.com/Jonathan

Adapun workshop dan program reguler yang dimiliki oleh Strong Sisters Indonesia adalah:

1. Women's Health and Fitness Workshop

Lokakarya utama yang membahas tentang kesehatan fisik dan mental perempuan. Seperti kiat untuk membangun citra tubuh yang positif, perbedaan fisiologis laki-laki dan perempuan, dan mengetahui spektrum gangguan perilaku konsumsi.

2. Beyond Shape Workshop

Lokakarya singkat dengan bentuk sharing session yang mengundang narasumber dari dalam dan luar komunitas. Berbeda dari Women's Health and Fitness Workshop, topik bahasan Beyond Shape Workshop disesuaikan dengan isu perempuan paling up to date di masyarakat.

3. Pull Me Up

Pull Me up merupakan program latihan komprehensif berdurasi enam minggu yang bertujuan agar pesertanya sampai mampu melakukan gerakan Chin Up.

Ilustrasi Meditasi
Pentingnya Persiapkan Mental Sebelum Mulai Berolahraga, Apa Saja Kiatnya? (dok. Cliff Booth via Pexels/ Brigitta Bellion)

4. Sahabat Nita

Program berdurasi delapan minggu ini merupakan program baru Strong Sisters Indonesia. Progaram ini dikhususkan untuk perempuan yang mengalami gangguan kelebihan berat badan dan sudah masuk dalam kategori cukup berbahaya untuk kesehatan. Contoh kriterianya adalah Indeks Massa Tubuh sudah di 30, yang di mana rentang normal adalah 18,5 s/d 24,9.

Menarik, bukan? Kedepannya, Strong Sisters Indonesia akan memilki lebih banyak terobosan dan inovasi baru yang positif bagi para anggota dan masyarakat. So, jangan lupa ikuti akun media sosial Strong Sisters Indonesia atau cek situs www.strongsisters.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Komunitas ini juga memiliki beragam acara yang terbuka untuk umum, lho.