Cara agar Buah Alpukat Cepat Matang Merata

Mimi Rohmitriasih04 Jul 2022, 09:15 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 11:33 WIB
Alpukat

Fimela.com, Jakarta Beli buah alpukat tapi ternyata belum semuanya matang? Jangan langsung kesal dan membuangnya, ya. Ada cara agar buah alpukat cepat matang merata yang bisa langsung kita coba.

Sebelum membahas soal cara agar buah alpukat cepat matang, ada tips nih untuk memilih buah alpukat yang bagus. Pilih buah alpukat yang warnanya gelap merata, tidak belang-belang. Kemudian, lihat juga bagian ujung buah alpukat (bekas tangkainya). Kalau masih ada sisa sedikit tangkai, bisa kupas sedikit untuk melihat warnanya. Kalau warnanya coklat tua atau gelap artinya buah sudah tua. Kalau warnanya masih hijau muda berarti buah masih muda dan mentah.

Kocok-kocok buah alpukat. Bila terdengar suara bijinya, berarti sudah tua. Buah alpukat yang sudah tua, bijinya akan lepas dari kulit bagian dalamnya. 

Nah, sekarang untuk membuat buah alpukat cepat matang ada dua cara yang bisa dicoba. Berikut infonya. 

1. Bungkus dengan Kertas Koran

Alpukat
Membungkus alpukat dengan kertas koran/copyright fimela/daniel kampua

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mem alpukat yang kamu beli cepat matang adalah dengan membungkusnya memakai kertas koran. Cara ini praktis dan dijamin anti gagal.

Siapkan Kertas Koran dan Bungkus dengan Rapat

Alpukat
Membungkus alpukat dengan kertas koran/copyright fimela/daniel kampua

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan kertas koran secukupnya. Kemudian bungkus buah alpukat dengan kertas koran sampai benar-benar rapat.

Simpan Alpukat di Wadah dan Taruh di Atas Meja

Alpukat
Cara menyimpan alpukat/copyright fimela/daniel kampua

Simpan di wadah dan taruh di atas meja. Jangan menyentuh lantai langsung. Pastikan kamu menyimpan alpukat di tempat dengan suhu kamar (bukan di lemari pendingin). Untuk mengecek apakah sudah matang atau belum, tinggal tekan saja daging buahnya. Kalau sudah empuk, berarti alpukat sudah matang merata.

2. Pakai Tisu dan Lakban

Alpukat
Mematangkan alpukat menggunakan tisu dan lakban/copyright fimela/daniel kampua

Cara kedua untuk membuat alpukat yang kamu beli matang sempurna adalah dengan menutupnya mamakai tisu dan lakban. Caranya praktis dan mudah. Cek di bawah ini.

Cuci Bersih Alpukat dan Potong Ujung Alpukat

Alpukat
Memotong ujung alpukat dengan pisau/copyright fimela/daniel kampua

Pertama cuci bersih alpukat. Lalu keringkan dengan mengelapnya menggunakan tisu. Potong ujung alpukat menggunakan pisau yang tajam.

Tutup Ujung Alpukat dengan Tisu

Alpukat
Membungkus alpukat menggunakan tisu/copyright fimela/daniel kampua

Setelah itu, tutup ujung buah alpukat dengan lembaran tisu. Lalu rekatkan dengan lakban. Taruh di wadah dan simpan di tempat bersuhu kamar.

Alpukat Matang dengan Sempurna

Alpukat
Alpukat yang matang sempurna/copyight fimela/daniel kampua

Cek kematangan alpukat secara berkala. Biasanya butuh waktu dua hari, buah alpukat sudah matang merata. Jadi pastikan jangan sampai terlewat ya, agar alpukat tidak busuk.

Mudah, bukan? Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela