5 Tips Menghemat Minyak Goreng saat Memasak

Febi Anindya Kirana04 Des 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 04 Des 2022, 20:15 WIB
Minyak Goreng

Fimela.com, Jakarta Semenjak minyak goreng mengalami kenaikan harga, banyak orang berusaha lebih hemat menggunakan minyak saat memasak. Banyak pula yang pada akhirnya beralih menjalani hidup sehat dengan tidak menggunakan minyak goreng saat memasak. Meskipun minyak goreng selalu menjadikan makanan lebih enak dan bertekstur renyah tapi penggunaan terlalu banyak juga tidak baik. Lalu apa yang bisa dilakukan agar bisa menghemat penggunaan minyak goreng saat memasak?

1. Hindari penggorengan besar

minyak goreng
ilustrasi minyak/copyright Shutterstock

Salah satu cara agar bisa menghemat minyak adalah menggunakan wajan kecil jika ingin menggoreng makanan. Jika menggunakan wajan atau penggorengan besar, rentan menggunakan lebih banyak minyak. Menggunakan penggorengan datar juga rentan menuang lebih banyak minyak, apalagi jika tujuannya adalah deep fry.

2. Gunakan semprotan

minyak goreng
ilustrasi minyak goreng/copyright by Shutterstock

Agar tidak boros minyak, kamu juga bisa menyemprotkan minyak seperlunya, misalnya untuk menumis atau menggoreng makanan yang bisa diakali makanan yang tidak butuh banyak minyak, misalnya menggoreng daging. Menyemprotkan minyak juga memungkinkan penggunaan yang lebih merata tapi tidak membuang banyak minyak. Cara ini juga bisa lebih sehat untuk yang berusaha mengurangi konsumsi minyak.

3. Ganti memanggang

udang panggang
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Ramona Heim

Cara lain agar hemat minyak adalah mengganti kebiasaan menggoreng makanan dengan memanggang. Kamu memang harus punya oven atau microwave untuk beralih menggunakan metode memasak ini, tetapi cara ini akan menghemat minyak dan menyehatkan tubuh karena makanan jadi lebih rendah kalori dan kolesterol. Gizi makanan juga cenderung lebih terjaga ketimbang digoreng.

4. Lebih sering menumis

brokoli wortel
Ilustrasi tumis brokoli wortel dengan jamur kancing/copyright freepik.com/valeria-aksakova

Daripada menggoreng, lebih seringlah menumis makanan khususnya jika ingin memasak sayuran. Teknik masak menumis cenderung lebih sedikit menggunakan minyak sekaligus lebih sehat. Jika ingin lebih hemat lagi, gunakan penggorengan atau teflon anti lengket untuk menumis karena makanan tidak akan lengket di dasar penggorengan. Umumnya, masalah lengket saat menumis adala kurangnya minyak. Jika menggunakan teflon anti lengket, kamu bahkan bisa menumis tanpa menggunakan minyak.

5. Merebus atau mengukus

tahu kukus
ilustrasi tahu kukus/copyright by Kiki Dauli (Shutterstock)

Belajarlah meninggalkan kebiasaan makan makanan berminyak dan beralih pada makan makanan yang direbus dan dikukus. Makanan bebas minyak lebih rendah kalori dan kolesterol sehingga kesehatan lebih terjaga. Sesekali saja kamu bisa makan makanan yang digoreng, selebihnya makanlah makanan yang direbus dan dikukus seperti membuat sup, dimsum, pepesan, ungkep, bacem dan lain sebagainya.

Itu dia sekian tips menghemat minyak goreng saat memasak, semoga bermanfaat.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓