2 Penyebab Kue Ambles atau Berlubang Tengahnya

Febi Anindya Kirana18 Sep 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 18 Sep 2021, 15:45 WIB
kue dipanggang

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami kue ambles atau turun pada bagian tengahnya ketika mengukus atau memanggang? Ternyata ini termasuk salah satu kegagalan membuat kue yang seringkali terjadi pada banyak orang.

Amblesnya kue ketika dimasak menandakan bahan pengembang di dalam adonan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Meski mungkin rasanya masih tetap enak saat dimakan dan bisa disiasati dengan menutup topping yang banyak. Tapi akan jadi masalah jika tujuannya untuk dibelah jadi dua secara horizontal dan diberi krim tengahnya. Tak jarang teksturnya pun jadi bantat.

Penyebab kue ambles

mixer putih telur
Mengocok putih telur./Copyright shutterstock.com/g/Anton%2BChernov

Kue yang berlubang atau ambles di tengah disebabkan oleh pencampuran yang terlalu lama atau over-mixing. Mengaduk atau mengocok terlalu lama justru akan menurunkan fungsi bahan pengembang di dalam adonan.

Untuk mengatasinya, pastikan tidak over-mixing. Pertimbangkan juga metode pencampuran apa yang kamu gunakan. Biasanya ada teknik aduk balik dengan spatula ketika sudah mengembangkan telur untuk menjaga adonan tidak turun atau ambles saat dipanggang.

Kue ambles juga bisa disebabkan suhu yang tidak sama pada adonan. Pastikan bahan-bahan yang digunakan berada dalam suhu ruangan, tidak dingin baru keluar dari kulkas atau dalam keadaan panas.

Jadi, kini kamu sudah tahu penyebabnya bukan? Mulai sekarang kamu bisa menghindari kesalahannya ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela