Sukses

Food

2 Penyebab Kue Jadi Terasa Kering dan Seret saat Dimakan

Fimela.com, Jakarta Membuat kue memang gampang-gampang susah, apalagi jika masih pemula. Selalu ada saja tantangan atau trial & error yang mungkin terjadi selama proses mencampurkan adonan hingga pemanggangan. Tak jarang kue jadi terasa sangat kering dan seret saat dimakan.

 

Seringkali penyebabnya ada dua

1. Pemanggangan terlalu lama

Memanggang secara berlebihan (over-baked) bukan hanya bisa membuat kue gosong tapi juga kering dan seret saat dimakan. Terlalu lama memanggang memang bisa menguapkan kandungan air dan kelembapan di dalam kue. Jadi pastilan tidak over-baked ya.

2. Banyak bahan penyerap air

Bisa jadi juga adonan terlalu kering sejak awal atau terlalu banyaknya bahan-bahan yang menyerap kelembapan, seperti tepung atau pati lainnya, bubuk kakao, susu bubuk atau padatan lainnya.

Solusi

Solusi yang bisa dilakukan untuk menghindari kue kering dan seret adalah mengukur bahan tepung-tepungan dengan benar. Untuk menghindari pemanggangan yang berlebihan, ada tiga indikator yang harus perhatikan untuk menentukan apakah kue sudah matang. Pertama, kue sedikit terlepas dari loyang. Kedua, memakai uji tusuk lidi. Jika tidak ada yang menempel saat ditarik ke atas, berarti kue telah matang.

Itu dia sekian alasan mengapa kue jadi kering dan bantat. Jadi pastikan mengenali kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading