Starbucks Ajak Pelanggan untuk Beralih dari Gelas Sekali Pakai ke Reusable Cup

Adinda Tri Wardhani28 Sep 2021, 10:24 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 10:38 WIB
Hadiah untuk Memberi Kembali: Starbucks memberikan reusable cup gratis, mengajak pelanggan terlibat dalam perjalanan mencapai sumber daya yang positif.

Fimela.com, Jakarta Merayakan kehadiran kopi dan hubungan yang terjalin bersama Starbucks secara global selama 50 tahun, Starbucks akan menghadiahkan reusable cup (gelas multi pakai) edisi terbatas kepada setiap pelanggan yang melakukan pembelian minuman handcrafted pada 28 September mendatang di sebagian negara di kawasan Asia Pasifik dan akan berlanjut di seluruh wilayah dalam beberapa bulan mendatang.

Untuk mendukung tujuan perusahaan dalam mengurangi  limbah yang dihasilkan sebesar 50% pada tahun 2030, Starbucks mendorong pelanggan di seluruh dunia untuk beralih dari plastik sekali pakai, mengutamakan penggunaan material daur ulang, dan mempromosikan penggunaan barang multi pakai. 

Untuk pertama kalinya bagi perusahaan melakukan sebuah inisiatif secara global, mulai minggu  ini, gerai Starbucks di seluruh Jepang, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, serta Amerika Latin dan Karibia akan menawarkan promosi yang mendorong pelanggan dalam mengurangi limbah gelas sekali pakai dan mengadopsi perilaku berkelanjutan untuk jangka panjang (long-term sustainable behavior). 

Dengan banyaknya pelanggan di seluruh Asia Pasifik yang menikmati minuman Starbucks favorit mereka saat bepergian, Starbucks ingin mendorong pelanggan untuk membuat perubahan positif, mendorong penggunaan gelas multi pakai yang digunakan pada setiap pembelian.

“Menandai pencapaian penting di tahun ini, pemberian reusable cup merupakan hadiah kami kepada pelanggan untuk bersama-sama dengan Starbucks dalam mencapai usaha kami menjadi  perusahaan yang bersumber daya positif,” ujar Sara Trilling, presiden, Starbucks Asia Pasifik.

 “Langkah ini hanyalah satu bagian dari banyak hal yang akan datang. Bersama dengan para  pelanggan, kami terus berinovasi untuk memberikan cara baru dalam meningkatkan solusi yang lebih berkelanjutan di seluruh wilayah.”, tambahnya.

Reusable cup desain ulang tahun ke-50 edisi terbatas

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Starbucks Indonesia (@starbucksindonesia)

Pesanan minuman Starbucks ukuran short, tall atau grande akan disajikan dalam reusable cup. Pelanggan akan menerima reusable cup desain inti ataupun reusable cup desain ulang tahun ke-50 edisi terbatas, selama persediaan masih ada. 

• Penawaran ini akan tersedia di seluruh gerai Starbucks di Indonesia dan layanan pesan-antar Starbucks Delivers, serta beberapa gerai yang berpartisipasi di Kamboja, Hong Kong, Korea,  Malaysia, Singapura, dan Taiwan, serta India pada 2 Oktober. 

• Pelanggan dianjurkan untuk membawa reusable cup kembali saat mengunjungi Starbucks  berikutnya untuk dapat menikmati potongan harga promo BYO (Bring Your Own) sebesar  Rp5.000. (Promo penawaran dan waktu mungkin berbeda di setiap negara.) 

Selain itu, gerai Starbucks di Indonesia terus melakukan eksplorasi dan inovasi untuk  mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan sampah di gerai. Starbucks telah menawarkan  program “Bring Your Own Tumbler”, program potongan harga sebesar 50% untuk setiap  minuman yang dibeli menggunakan reusable cup/tumbler Starbucks, pada setiap tanggal 22  kepada pelanggan Indonesia sejak 12 tahun yang lalu.

Selain itu, semua gerai di Indonesia juga  telah mengganti gelas dan tutup plastik PET dengan gelas dan tutup plastik rPET (recycled  polyethylene terephthalate) sebagai bagian dari inisiatif Greener Nusantara pada awal tahun 2021. Mengikutsertakan material daur ulang ke dalam rantai pasokan telah menghilangkan penggunaan plastik murni di lebih dari 460 gerai di Indonesia. 

Pada 28 September sendiri, Starbucks memperkirakan dapat menjangkau lebih dari 2 juta  pelanggan di seluruh wilayah Asia Pasifik. Dengan penggunaan satu reusable cup yang akan  menggantikan hingga 30 gelas sekali pakai, Starbucks bercita-cita untuk menciptakan budaya penggunaan kembali di antara para pelanggan, partner (karyawan) dan masyarakat, menyatukan mereka lewat sebuah harapan bersama untuk berkontribusi lebih banyak kepada planet ini.

Untuk menyambut kegembiraan menjelang 28 September, partner Starbucks di seluruh wilayah Asia Pasifik telah mengambil bagian dalam pelatihan dan kegiatan tim, memberdayakan mereka untuk mempromosikan inisiatif keberlanjutan di area gerai. 

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela