Sukses

Food

7 Makanan Penyebab Gula Darah Naik yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula darah naik di dalam tubuh. Pada umumnya kadar gula darah normal pada orang dewasa adalah 70-130 miligram/desiliter. Namun bagi orang yang berusia 60tahun keatas, kadar gula darah normalnya hingga 160miligram/desiliter.

Saat gula darah naik, tubuh akan merasa sangat lelah, sering merasa haus, perut selalu lapar, berat badan menurun drastis, sering buang air kecil, dan penglihatan menjadi kabur. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa.

Diabetes bisa menyerang segala usia, yang disebabkan karena faktor keturunan. Selain itu, gula darah naik juga bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat, seperti mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Berikut makanan penyebab gula darah naik yang harus dihindari, dilansir dari Liputan6.com:

Makanan Penyebab Gula Darah Naik

1. Karbohidrat Tinggi

Makanan penyebab gula darah naik yang pertama, yaitu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Kandungan karbohidrat memang diperlukan untuk sumber energi tubuh. Tapi kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat tinggi seperti roti tawar, pasta, makaroni, biskuit, buah kalengan, permen, nasi putih dan lain sebagainya, maka kadar gula darah akan naik dan menyebabkan penyakit diabetes.

2. Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga bisa menyebabkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh. Jika kamu memiliki diabetes, sebaiknya hindari susu tinggi lemak, keju olahan, mentega, selai kacang dan daging berlemak. Makanan berlemak ini juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

3. Daging Merah

Walaupun berprotein tinggi dan bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi daging merah bisa menyebabkan gula darah naik. Apalagi jika mengonsumsi daging merah yang sudah diproses, seperti sosis. Daging merah juga bisa menyebabkan berat badan naik, yang berisiko terkena obesitas dan penyakit jantung.

Makanan Penyebab Gula Darah Naik

4. Junk Food

Junk food adalah makanan yang sebaiknya dihindari, karena bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk diabetes atau kadar gula darah naik. Junk food dimasak dengan cara diproses yang menghasilkan kadar lemak jenuh dalam makanan tersebut naik. Bahkan junk food disajikan dengan beberapa makanan olahan lainnya, seperti pizza dengan topping sosis dan keju.

5. Buah Kering atau Kalengan

Walaupun buah memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, tetapi mengonsumsi buah kering atau kalengan sangat tidak dianjurkan bagi pemilik diabetes. Buah kering atau kalengan ini sudah diawetkan dengan beberapa kandungan yang tidak baik untuk kesehatan. Buah ini juga mengandung gula yang sangat tinggi.

6. Makanan Instan

Makanan instan juga harus dihindari orang yang memiliki riwayat diabetes. Makanan instan ini memiliki kandungan gula yang tinggi dan penuh dengan lemak jenuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan instan bisa menyebabkan gangguan pencernaan, gagal jantung, diabetes, stroke dan kanker.

7. Makanan yang Terlalu Manis

Makanan penyebab gula darah naik yang terakhir adalah makanan yang terlalu manis. Karena makanan manis atau dessert memiliki kandungan yang banyak gula, seperti selai dan krim, yang bisa meningkatkan kadar insulin serta lemak jenuh di dalam tubuh.

Minuman Penyebab Gula Darah Naik

Selain makanan yang bisa menyebabkan kadar gula darah naik di dalam tubuh, mengonsumsi minuman yang mengandung gula tambahan juga bisa menjadi penyebab diabetes. Minuman manis memang sangat menyegarkan dahaga, tetapi minuman manis mengandung tinggi gula dan lemak jenuh.

Agar gula darah tetap terkontrol di dalam tubuh, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi. Minuman tersebut memiliki kandungan gula yang sangat banyak. Walaupun ada beberapa minuman soda yang memiliki klaim 0% gula atau diet soda, namun minuman tersebut tetap berisiko meningkatkan kadar gula darah naik.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi jus buah yang diolah dengan gula tambahan. Buah-buahan memang sangat menyehatkan untuk dikonsumsi, tetapi kalau kamu mengonsumsi jus buah yang dijus dengan gula atau jus kemasan, maka minuman tersebut bisa menyebabkan diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading