14 Resep Makanan khas Jawa Tengah yang Enak Jadi Lauk

0(0)
Febi Anindya Kirana22 Jan 2022, 13:50 WIB
Diperbarui 22 Jan 2022, 13:50 WIB
nasi gandul

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Jawa Tengah memiliki banyak daerah dengan kuliner khasnya masing-masing. Jika dikumpulkan pasti lebih dari puluhan makanan khas. Namun jika ingin mencoba beberapa kuliner khas Jawa tengah yang enaknya bikin nagih, mungkin kamu bisa melihat sekian resep berikut ini.

1. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah salah satu sajian nasi enak berkuah santan yang gurih lengkap dengan irisan daging yang empuk. Coba resepnya di sini.

2. Brambang Asem

Seperti namanya, brambang yang berarti bawang merah dan asem yang berarti asam jawa, merupakan bumbu utama dari makanan ini. Coba resepnya di sini.

3. Tongseng

tongseng
Ilustrasi/copyrightshutterstock/RinaOkta

Tak banyak yang tahu bahwa tongseng merupakan masakan khas Jawa Tengah, khususnya daerah Solo dan Magelang. Umumnya dibuat dari daging kambing, sapi atau bahkan ayam. Coba resepnya di sini.

4. Soto Kudus

Soto Kudus, seperti namanya berasal dari Kudus. Soto ini memiliki bumbu yang unik dan cita rasa kaya rempah dengan kuah kaldu ayam kampung yang nikmat. Coba resepnya di sini.

5. Tengkleng

Satu lagi menu olahan daging kambing yang enaknya luar biasa asal Solo. Bagi pecinta masakan daging kambing yang tidak perengus, coba resepnya di sini. 

 

6. Garang Asem

garang asem
ilustrasi garang asem ayam/copyright Shutterstock

Garang asem memiliki tampilan khas dengan bahan yang khas pula yaitu ayam yang disiram santan dan dibumbu asam segar nikmat. Coba resepnya di sini.

7. Mie Ongklok

Suka dengan olahan mie? Coba mie ongklok khas Wonosobo yang gurih dengan kuah kaldu sapi yang gurih. Coba resepnya di sini.

8. Mangut Belut

Jika mampir ke Semarang, jangan luap mencoba mangut belut di sana, karena enaknya tidak ada tanding. Tapi jika ingin membuatny sendiri, bisa juga. Coba resepnya di sini.

9. Buntil

buntil daun singkong
ilustrasi buntil daun singkong/copyright by Kusnan Aja (Shutterstock)

Daun singkong enak sekali dibumbu buntil. Ciri khas penampilan buntil adalah digulung dan diikat. Daripada penasaran, coba resepnya di sini.

10. Soto Sokaraja

Mampir ke Banyumas, jangan lupa mencoba soto Sokaraja yang gurih dengan sambal kacangnya yang unik. Jika kamu ingin mencoba soto dengan bumbu kacang, coba resepnya di sini.

11. Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng umumnya dibumbu ungkep biasa, tapi jika ingin mencoba ayam goreng kalasan, bumbunya pasti spesial. Coba resepnya di sini.

12. Grombyang

Grombyang
ilustrasi Grombyang/copyright by Rika Amani Latifah (Shutterstock)

Olahan daging sapi khas Pemalang ini dijamin nikmat dengan kuah kaldu yang bening nan gurih pasti bikin nagih. Coba resepnya di sini.

13. Sego Megono

Nasi Megono cocok buat yang suka sekali dengan kuliner khas Jawa Tengah serba santan baik sayur maupun lauknya. Coba resepnya di sini.

14. Sate Kere

Enaknya sate yang dianggap untuk orang "kere" (miskin) ini enak dinikmati kapan saja dan bahannya juga mudah didapat. Coba resepnya di sini.

Yuk coba semua resep makanan khas Jawa Tengah tersebut di rumah, Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

1
What's On Fimela