Sukses

Food

3 Penyebab Susu Anak Menggumpal yang Jarang Disadari Orangtua

Fimela.com, Jakarta Saat masa pertumbuhan, anak membutuhkan asupan gizi yang baik. Salah satunya bisa didapatkan dari susu formula yang bisa dikonsumsi setiap hari. 

Susu formula anak mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan anak. Maka dari itu, tidak heran jika ibu-ibu sering menyetok banyak susu di rumah. 

Namun, karena membeli terlalu banyak atau disimpan terlalu lama, ketika susu bubuk diseduh dan diaduk, permukannya malah menggumpal. Menurut beberapa suumber, susu yang menggumpal merupakan tanda bahwa susu tersebut sudah tidak layak konsumsi. 

Jika sudah tidak layak konsumsi, pastinya juga akan membawa efek buruk bagi kesehatan anak. Nah, kira-kira apa saja yang menyebabkan susu bubuk anak menjadi menggumpal?

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 3 penyebab susu anak menggumpal yang jarang disadari orangtua. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Tidak Cermat saat Membeli Susu

Sebagai orangtua yang bijak, sebaiknya sebelum membeli produk susu dipastikan terlebih dahulu keutuhan produknya. Jika kamu abai dan asal membeli produk susu tanpa memperhatikan kualitas kemasannya, maka bisa saja kemasan produk tersebut sudah rusak hingga susu bubuk sudah menggumpal sejak dibeli.

Karena itu, pastikan agar kamu lebih cermat memeriksa dan hanya membeli susu dengan kemasan yang masih utuh atau tersegel.

2. Cara Menyimpan Susu yang Salah

Cara menyimpan susu juga berpengaruh pada kualitas susu. Sebab, susu akan lebih awet bila disimpan dengan cara yang benar. 

Tips menyimpan susu yang perlu diterapkan adalah dengan menggunakan wadah kedap udara. Selain itu, tempatkan dalam suhu ruangan yang sejuk, seperti di dalam lemari makanan. Pastikan juga lemari makanan tidak lembap. 

3. Kebiasaan Buruk Membuka Tutup Penyimpanan Susu

Kebiasaan sering buka-tutup kaleng atau kardus susu bubuk juga dapat menyebabkan proses penguraian. Sehingga memungkinkan susu terkena kontak dengan air, minyak, cairan tubuh atau udara.

Maka dari itu, sebaiknya kamu meletakan susu jauh dari jangkauan anak-anak. Selain itu, segera tutup dengan rapat setelah membukanya, untuk menghindari udara yang masuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading