Diary Fimela: Kisah Sukses Beef Troopers, Dari Usaha Wagyu Rice Bowl Rumahan Sudah Bisa Buka Cabang

Fimela Reporter27 Mei 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 12:30 WIB
Menu Beef Troopers

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang muncul dua tahun silam banyak memukul berbagai sektor, termasuk perekonomian. Tak patah semangat, seorang entrepreneur muda bernama Fazhri Rahmansyah justru merintis usahanya di awal pandemi. 

Semenjak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat berjalan, banyak masyarakat menggantungkan kebutuhannnya melalui jasa online. Salah satu kebutuhan yang selalu ada di tengah masyarakat adalah kebutuhan pangan.

Melihat situasi ini, Fazhri percaya diri ide usahanya akan menguntungkan sebab demand pesan-antar makanan online semakin melonjak di masa pandemi. Hingga akhirnya berdirilah Beef Troopers, sebuah bisnis makanan yang ia rintis dari produksi rumahan. 

Beef Troopers menyuguhkan sajian nasi hangat dengan lauk daging wagyu premium yang menggugah selera. Selain menggunakan bahan premium, hal menarik yang Beef Troopers tawarkan adalah pilihan saus autentik yang beragam.

Hingga kini, Beef Troopers telah memiliki rangkaian menu menarik yang menggiurkan, seperti Troopers Gyudon Yakiniku, Troopers Wagyu Mentai, dan Troopers Wagyu Sambal Matah. Salah satu menu unik yang jarang ada di usaha rice bowl sejenis ialah Troopers Wagyu Sesame yang sekaligus menjadi menu best seller. 

Berhasil buka dua franchise

Bisnis Ricebowl
Bisnis wagyu ricebowl yang Fazhri geluti bisa menjadi peluang bisnis untuk anak muda. Credits: instagram.com/beef.troopers

Awalnya, ia membuka sistem pre order dan terus berlanjut hingga mendaftarkan usahanya di platform jasa pesan-antar makanan online. Berkat usaha dan kerja kerasnya, di awal 2021, ia akhirnya berhasil membuka outlet offline pertama Beef Troopers.

Di tahun pertama usahanya, Fazhri mencoba peruntungan dengan mendirikan outlet pertama yang terletak di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Tak cukup puas dengan pencapaian itu, Fazhri terus giat menjalani bisnisnya dan berhasil membuka franchise keduanya di Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan.

Kesuksesan Fazhri mendirikan dua cabang dalam waktu yang terbilang singkat bukan tanpa alasan. Selama berkecimpung di dunia bisnis, Fazhri rutin mengecek kualitas produk yang ia tawarkan. Ia juga kerap melakukan random order ke setiap cabang untuk mengetahui kualitas produk yang pelanggan terima. 

Sadar kepuasan pelanggan adalah hal utama, Fazhri tak lupa menggaet supplier terpercaya untuk menyuplai bahan baku produknya. Kini, untuk urusan bahan baku, ia memiliki supplier sendiri dan beberapa bahan segar ia beli di supermarket atau pasar.

Terus berkembang di tengah banyaknya kompetitor

Wagyu Ricebowl
Salah satu pilihan menu Beef Troopers yang menyajikan wagyu dengan saus otentik. Credits: instagram.com/beef.troopers

Untuk bisa bersaing di tengah menjamurnya usaha rice bowl, Fazhri terus melakukan inovasi, baik dari segi produk maupun strategi marketing usahanya. Ia mengakui, era digital saat ini banyak mempengaruhi strategi usahanya, termasuk media pemasaran.

Ia banyak melakukan promosi di ranah digital dengan menargetkan media sosial sebagai promosi utama produknya. Ia juga menjajaki interactive marketing agar bisa semakin dekat dengan pelanggannya. 

“Kita berusaha untuk bisa berinteraksi kepada customer dengan mengadakan question box dan kuis. Dengan hal itu, customer akan tertarik dengan produk yang kita tawarkan,” ujar Fazhri pada Fimela.com.

Ia menambahkan, pemilihan lokasi outlet yang tepat dan gencarnya promosi di media sosial semakin meningkatkan daya tarik usahanya di mata pelanggan. Oleh karenanya, Beef Troopers berusaha mengkombinasikan kedua kekuatan tersebut agar usahanya bisa bersaing di tengah gempuran jenis bisnis serupa.

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela